Jumat, Juli 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menampilkan Google di Layar Utama HP Android

Cara Menampilkan Google di Layar Utama HP Android

Cara menampilkan Google di layar utama HP Android bisa dilakukan dengan mudah. Dengan cara ini Anda bisa mencari berbagai informasi di internet. Bahkan masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan.

Mulai dari menggunakan platform video call, simpan foto secara online, dan mengolah data secara online. Setiap smartphone memiliki fitur dan pengaturan yang berbeda.

Sehingga membuat Anda perlu tahu bagaimana cara untuk membuat layar utama menampilkan Google. Semua perangkat bisa membantu Anda mendapatkan berbagai kemudahan.

Apalagi HP Android saat ini sudah memiliki banyak keunggulan. Pastikan Anda paham dan bisa mencari smartphone yang memiliki berbagai fitur dan kemudahan.

Meski semua perangkat memiliki banyak keunggulan, namun ada kalanya terjadi masalah. Masalah kecil tersebut yaitu Google search bisa hilang dari layar.

Kondisi ini bisa saja terjadi pada siapa saja dan merek ponsel Android apapun. Penghapusan tidak sengaja pun mampu membuat Google search juga hilang dari layar HP.

Untuk mengatasinya gunakan cara menampilkan Google di layar utama HP Android.

Baca Juga: Cara Upgrade Android 13 Beta Paling Mudah dengan Beberapa Tips Ini!

Begini Cara Menampilkan Google di Layar Utama Android

Google menjadi salah satu platform penting bagi semua orang. Google menjadi perusahaan terkenal sebagai mesin pencarian di dunia.

Meski Google telah masuk menjadi perusahaan dengan banyak layanan, namun widget Google Search tidak muncul sama sekali. Hal ini juga membuat Anda merasa bingung saat membutuhkannya.

Apalagi di Google Anda akan mudah mencari berbagai informasi. Bisa dari segi politik, berita umum, budaya, kuliner, tempat wisata, dan masih banyak yang lainnya.

Karena kebutuhannya yang cukup banyak, terdapat widget Google search pada bagian layar utama. Dengan cara membukanya di perangkat Android akan jauh lebih mudah dalam menggunakan mesin pencarian.

Apalagi untuk Android terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan widget Google Search yang terpasang pada layar depan home screen. Sehingga Anda akan langsung mudah menggunakan widget tersebut.

Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakannya antara lain:

Install Aplikasi Google

Sebelum Anda menampilkan Google pada layar utama sebaiknya pastikan menginstalnya. Pastikan smartphone Android yang Anda miliki sudah menginstall aplikasi Google versi terbaru.

Menekan Lama pada Layar Beranda dan Tambahkan Widget

Salah satu cara menampilkan Google di layar utama yaitu dengan menekan layar beranda dalam waktu cukup lama dan tambahkan widget.

Setelah Anda melakukan cara ini akan muncul daftar widget untuk beberapa aplikasi yang terinstall. Scroll ke bawah untuk menemukan Google search.

Lakukan cara ini ketika tiba-tiba Anda membutuhkan Google search dan tidak ada pada layar utama seperti biasanya.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Tinder Android yang Benar dan Mudah, Ini Langkahnya!

Membuka Menu Edit Layar Utama

Ada cara menampilkan Google di layar utama yang lain di Android. Buka layar utama HP, selanjutnya klik dan tahan ruang kosong pada bagian layar utama untuk beberapa detik.

Dengan melakukan cara ini launcher Hp Android akan masuk pada mode edit.

Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan klik opsi widget yang muncul pada mode edit launcher Android.

Di sini Anda akan melihat semua widget yang tersedia, silahkan buka grup aplikasi Google.

Geser Widget Google Search ke Home

Cara menampilkan Google di layar utama Android selanjutnya yaitu silahkan cari widget yang terdaftar pada Google dan klik kemudian tahan.

Dengan cara ini Anda bisa memasuki mode kirim widget Google search. Selanjutnya sentuhan jari Anda bisa melepasnya ke bagian layar utama.

Baca Juga: Cara Melihat History Aplikasi Android Baik yang Terhapus atau Tidak

Pencarian Google Instan Berhasil

Setelah beberapa langkah mulai dari yang pertama hingga selanjutnya berhasil, Anda akan berada langsung di layar utama.

Tampilan tersebut akan selalu tampil hingga kamu menghapus aplikasi Google di HP Android Anda.

Untuk melakukan cara menampilkan Google di layar utama Android cukup dengan beberapa langkah mudah tersebut.

Perlu diingat, ketika hendak menambahkan widget Google pada layar utama Android pastikan jika sudah memiliki aplikasi Google.

Jika aplikasi Google sudah Anda miliki maka cara menampilkan Google di layar utama Android sudah dapat dilakukan dengan mudah. Ikuti langkah-langkah secara tepat dan Anda bisa menampilkanya dengan mudah. (R10/HR-Online)