Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencopot Wiper Mobil Sendiri yang Penting untuk Anda Ketahui

Cara Mencopot Wiper Mobil Sendiri yang Penting untuk Anda Ketahui

Cara mencopot wiper mobil sebenarnya cukup mudah, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi membawanya ke tukang bengkel untuk melakukannya.

Pasalnya, untuk pekerjaan yang membutuhkan bantuan mekanik, maka tune up mesin saja sudah cocok Anda lakukan.

Akan tetapi, jika hanya sekedar melepas wiper kaca mobil, sepertinya Anda sendiri dapat melakukannya tanpa harus ke bengkel.

Na, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus Anda lakukan saat akan melepaskan wiper.

Baca Juga: Wiper Tidak Kembali ke Posisi Semula, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi!

Cara Mencopot Wiper Mobil yang Patut untuk Anda Simak dan Ketahui

Bagi sebagian besar pemilik kendaraan roda empat, maka istilah wiper mungkin sudah tidak terlalu asing lagi ditelinga mereka.

Pasalnya, wiper ini pasti akan selalu ada pada mobil dan mempunyai fungsi yang cukup vital. Apa fungsinya?

Nah, komponen satu ini berguna sebagai pembersih benda atau kotoran dan debu yang menempel pada bagian kaca, baik depan atau belakang.

Apalagi saat hujan tiba maupun berkabut, maka keberadaan wiper ini berperan sangat penting karena bisa memberi kenyamanan pengguna.

Meski demikian, bukan berarti bahwa wiper mobil bisa berfungsi normal selamanya, karena jika sudah terlalu lama maka harus kita ganti.

Untung saja cara penggantiannya juga sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu membawanya ke tukang bengkel.

Baca Juga: Ciri-Ciri Dinamo Wiper Lemah Lengkap dengan Cara Memperbaikinya

Dua Bagian Wiper

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencopot wiper mobil, maka ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui dahulu. Pasalnya, wiper mobil ini terdiri dari dua bagian, yang pertama adalah bagian engsel dan yang kedua bagian tangkai.

Nah, pada bagian engsel merupakan pangkat wiper yang terletak pada bagian bodi atau di bawah kaca depan dan bergerak dari aki ke saklar wiper.

Sementara itu, bagian tangkai merupakan lengan yang ada di pangkal dengan gerakan naik turun dan berbentuk kait pada ujung lengan.

Sedangkan karet wiper mobil merupakan salah satu alat terpisah dari wiper dan menjadi bagian ketiga dari alat sapu air hujan. Baik itu untuk kaca depan maupun kaca belakang mobil.

Baca Juga: Cara Cek Karet Wiper Mobil, Sudah Saatnya Ganti atau Belum

Trik Melepas

Cara mencopot wiper mobil yang pertama adalah memposisikan tubuh pada bagian sisi kanan depan lalu menghadap ke wiper. Selanjutnya angkat ke atas tangkai pada engsel dan posisikan tangkainya terangkat dan jangan lupa untuk memberi alas pada bagian kaca depan.

Tujuannya adalah supaya kaca mobil Anda tidak retak saat akan melepas karet wiper, sebab akan ada pegas antara engsel dan tangkai. Jika sudah, lalu pegang tangkai menggunakan tangan kanan sedangkan karet wiper pada bagian tangan kiri.

Gunakan tangan kiri lalu tarik ke arah bawah pada bagian karet wiper di kait tangkai, karet akan langsung lepas jika tak ada karat.

Apabila Anda kesulitan saat akan melepas karetnya, maka semprotkan bagian kait menggunakan WD 40 sampai beberapa menit kemudian keringkan.

Ulangi sampai beberapa kali menarik rangka karet ke bawah sampai prosesnya benar-benar selesai. Cara mencopot wiper mobil kini sudah Anda ketahui, saatnya untuk mempraktekkannya sendiri di rumah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -