Kamis, Juli 7, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Mengaktifkan Vanish Mode Instagram, Simak Ulasan Lengkap!

Cara Mengaktifkan Vanish Mode Instagram, Simak Ulasan Lengkap!

Cara mengaktifkan vanish mode Instagram dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah.

Fitur Vanish Mode Instagram merupakan fitur perpesanan yang terdapat di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan hilang sepenuhnya dari riwayat obrolan.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka riwayat obrolan di Instagram akan terhapus secara otomatis. Dengan demikian, Anda dan teman chat Anda tidak dapat melihat riwayat obrolan yang telah Anda lakukan sebelumya.

Vanish Mode Instgram adalah salah satu fitur terbaru di Instagram. Sehingga terdapat sejumlah pengguna Instagram yang belum memahami bagaimana cara mengaktifkan Vanish Mode.

Baca Juga: Cara Membuat Avatar di Instagram Lengkap, Ikuti Langkah Mudah!

Cara Mengaktifkan Vanish Mode di Instagram Mudah

Vanish Mode ini hanya dapat Anda gunakan untuk chat dengan satu orang saja. Selanjutnya, layar akan berubah menjadi berwarna hitam saat Vanish Mode diaktifkan.

Selain mengirim pesan teks, Anda juga bisa melakukan panggilan telepon dan video call saat mengaktifkan Vanish Mode sesuai dengan cara di atas.

Semua isi percakapan, yakni termasuk informasi panggilan telepon dan juga video call secara otomatis akan terhapus setelah Anda menutup obrolan.

Baca Juga: Fitur Pin Postingan Instagram, Kini Sedang Tahap Uji Coba

Tutorial dan Ketentuan Mengaktifkan Fitur Vanish Mode

Berikut ini cara mudah mengaktifkan vanish mode Instagram yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Instagram.
  2. Selanjutnya buka jendela obrolan apa pun yang Anda inginkan untuk memulai obrolan dengan menggunakan fitur Vanish Mode.
  3. Dari bagian bawah layar, Anda dapat Swipe Up untuk mengaktifkan mode lenyap.
  4. Setelah fitur Vanish Mode aktif, maka Instagram atau Messenger akan dengan jelas menyebutkan mode Vanish pada jendela obrolan.
  5. Kemudian layar Anda akan berubah berwarna hitam, seperti mode “penyamaran”. Ini terjadi pada halaman pesan di akun Instagram Anda dan teman chat Anda. Jadi teman chat Anda juga akan tahu bahwa Anda sedang menggunakan Vanish Mode pada saat chat dengannya.

Jika Anda atau teman chat Anda mengambil screenshot ketika menggunakan Vanish Mode, maka terdapat pemberitahuan yang menunjukan Anda atau teman chat Anda telah mengambil screenshot.

Lalu isi pesan yang terdapat di Vanish Mode tersebut tidak dapat Anda copy, save, atau Anda bagikan ke yang lain. Mode Vanish Mode hanya dapat Anda gunakan di aplikasi Instagram.

Jika Anda dapat mengaktifkan vanish mode Instagram dengan cara yang mudah, teman chat Anda pun juga dapat menonaktifkan fitur tersebut.

Apabila teman chat Anda menonaktifkan Vanish Mode, maka seringkali Vanish Mode pada akun Instagram Anda pun akan ikut berhenti. Selain itu, background pun akan berubah warna menjadi putih.

Baca Juga: Aplikasi Foto Jujur Anti Instagram BeReal, Bagaimana Cara Kerjanya?

Akan tetapi hal tersebut terkadang tidak terjadi, Vanish Mode pada akun IG Anda masih akan aktif ketika teman chat Anda menonaktifkan fitur tersebut. Selanjutnya Anda akan memperoleh pemberitahuan bahwa pesan yang Anda terima dikirim di luar mode menghilang.

Selain cara mengaktifkan vanish mode Instagram yang cukup sederhana, terkait keamanan pengguna pun juga lebih terjamin. Pasalnya, vanish mode hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang terhubung Anda dalam sebuah obrolan. (R10/HR-Online)