Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Busi Basah Sesuai dengan Penyebab yang Ditimbulkan

Cara Mengatasi Busi Basah Sesuai dengan Penyebab yang Ditimbulkan

Cara mengatasi busi motor basah wajib Anda tahu. Namun pastikan Anda juga tahu apa saja penyebabnya, hingga mengakibatkan masalah tersebut terjadi.

Sama seperti komponen kendaran lainnya, busi juga memiliki peran yang cukup penting. Hal ini mengharuskan bagi setiap pemilik kendaraan perlu merawat dan menggantinya jika sudah tidak dapat berfungsi optimal.

Menjaga kualitas busi akan berpengaruh pada kinerjanya. Sebaiknya melakukan servis secara rutin.

Dengan tujuan semua komponen bisa bekerja secara optimal. Bahkan mesin motor juga dapat terkontrol dengan baik.

Kondisi busi harus benar-benar Anda perhatikan. Apalagi busi sebagai komponen utama yang mampu merubah tegangan listrik dari koil menjadi percikan api untuk membakar bahan bakar.

Sehingga kondisi busi harus dalam keadaan baik. Jika busi bermasalah atau rusak bisa mengakibatkan motor mogok atau kondisinya tidak normal.

Untuk itu, dengan menjaga kondisinya tetap baik menjadi salah satu yang wajib dilakukan.

Bahkan segera lakukan cara mengatasi busi motor basah jika kondisi seperti itu sudah terjadi. Hal ini karena busi tidak hanya mengalami retak atau pecah saja.

Baca Juga: Ciri Busi Motor Mati, Bisa Terjadi karena Berbagai Faktor Penyebabnya

Penyebab dan Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Ternyata masalah yang terjadi pada komponen busi cukup beragam. Salah satunya yaitu terjadinya busi basah meski berada pada ruangan tertutup.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi, sehingga mengakibatkan berbagai masalah baru. Basahnya pada bagian busi tersebut biasanya akibat faktor bahan bakar atau oli yang digunakan pada mesin.

Saat busi sudah mulai basah atau bahkan menghitam, kemungkinan besar akan muncul masalah baru. Hal ini akan sangat terasa ketika pengendara sedang menggunakan sepeda motor.

Masalah tersebut bisa mengakibatkan motor mogok atau sulit menyalakannya. Berikut ini ada beberapa cara mengatasinya sesuai dengan penyebab yang ditimbulkan.

Sikat Busi

Salah satu cara mengatasi busi motor basah yaitu dengan cara menyikatnya.

Sebaiknya sikat elektroda busi dengan sikat kawat khusus motor. Jika tidak, Anda bisa gunakan amplas khusus.

Sebenarnya cara ini memang hanya digunakan untuk sementara saja. Ketika busi tidak lagi dapat berfungsi, solusinya dengan cara mengganti dengan komponen baru.

Sehingga risiko munculnya masalah baru tidak terjadi pada komponen lainnya. Sepeda motor pun tetap dapat bekerja secara optimal.

Baca Juga: Cara Membersihkan Busi Motor Tanpa Harus Bawa ke Bengkel

Tutup Lubang Busi dengan Kain Kering

Selain cara mengatasi busi motor basah yang pertama tadi, masih banyak solusi lainnya.

Anda pun bisa menutup lubang busi dengan kain kering. Sebab saat mencuci motor masih banyak orang yang mengabaikan hal ini.

Padahal jika tidak diperhatikan akan mengakibatkan busi motor basah. Apalagi jika kendaraan melaju di area banjir, risiko basah pun akan jauh lebih besar.

Sebaiknya tutupi lubang dengan logam atau kain kering dengan starter motor beberapa kali. Cara ini akan membantu mengeluarkan air yang terperangkap di dalam lubang busi.

Buka Busi dan Keringkan

Mengingat busi menjadi komponen yang cukup vital, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara berkala. Cek kondisinya apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

Jika busi basah sebaiknya segera keringkan. Anda bisa melakukannya dengan cara melepasnya.

Keringkan bagian elektroda menggunakan kain bersih. Bagian tersebut berada di area paling ujung.

Pastikan elektroda benar-benar kering supaya dapat membantu bensin agar terbakar kembali. Jika busi basah mengakibatkan percikan api tidak akan menyala.

Bersihkan Bagian Karburatornya

Cara mengatasi busi basah pada sepeda motor bisa juga dengan membersihkan bagian karburatornya. Pastikan bagian tersebut benar-benar bersih agar dapat menjaga kualitas kinerja yang optimal.

Lakukan penyetelan karburator dengan baik. Hal ini bertujuan agar udara dan bahan bakar tidak berlebih atau kekurangan.

Selain itu, dengan memilih busi berkualitas akan membantu mendapatkan kualitas yang baik pula.

Apalagi saat ini sudah banyak busi dengan jenis yang berbeda. Pastikan Anda dapat menentukan jenis busi berkualitas sesuai dengan kebutuhan sepeda motor.

Baca Juga: Jenis Busi Motor Bervariasi Lengkap dengan Fungsinya

Seal Katup Perlu Diganti

Sebenarnya untuk mengatasi busi yang bermasalah bisa Anda lakukan seiring dengan penyebabnya.

Ada baiknya jika Anda tahu apa penyebab busi basah. Salah satunya akibat seal katub yang rusak.

Jika sudah terjadi hal ini, maka Anda wajib untuk mengganti seal yang baru. Hal ini bertujuan agar oli pada ruang bahan bakar tidak bocor. Sehingga cara mengatasi busi basah bisa segera Anda lakukan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -