Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaOtomotifMobilCara Mengecek Tutup Radiator Menggunakan Beberapa Metode Berikut

Cara Mengecek Tutup Radiator Menggunakan Beberapa Metode Berikut

Cara mengecek tutup radiator bagi pemula memang sangat penting, jika Anda adalah salah satunya, maka wajib menyimak uraian berikut ini. Sementara itu fungsi dari mengecek radiator sendiri memang belum banyak yang tahu, padahal ini cukup berbahaya apalagi sampai bocor.

Anda harus tahu bahwa air radiator ini menjadi bagian yang sangat penting pada mobil sebab menjadi bagian dari sebuah sistem pendingin mesin. Pasalnya radiator ini akan membuat mesin kendaraan selalu bekerja pada temperatur standar.

Baca Juga: Fungsi Extra Fan Radiator Mobil Secara Umum, Ketahui Lebih Dulu!

Cara Mengecek Tutup Radiator yang Paling Simpel, Simak Tutorialnya!

Bekerja sebagai komponen penting pada kendaraan roda empat, maka tidak begitu asing lagi yang namanya radiator. Akan ada tutup pada komponen tersebut yang tidak boleh kita sepelekan, sebab tutup tersebut berfungsi untuk menjaga tekanan ideal.

Masalah besar bisa saja menghampiri apabila Anda menyepelekan tutup radiator, sehingga penting untuk selalu menjaganya. Nah tutup radiator sendiri terletak pada bagian mulut radiator dan mempunyai sejumlah komponen penting lainnya.

Komponen tersebut mampu menyetel sistem pendingin agar kinerja radiator lebih seimbang dan tidak membuat kebocoran air. Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk mengeceknya? Simak ini!

Baca Juga: Air Radiator Bercampur Oli, Simak Penyebab dan Solusinya!

Periksa Radiator Cap Seal

Cara mengecek tutup radiator untuk langkah yang pertama secara visual ini adalah dengan memeriksa radiator cap seal. Ini adalah sebuah perapat yang terbuat dari bahan dasar karet guna membantu untuk menutup komponen tersebut.

Cara pemeriksaannya cukup mudah, pertama bisa memeriksa kelenturan karet pada bagian sil luar dan bagian dalam. Perhatikan kedua sil itu lalu tekan keduanya dengan kuku, jangan lupa pastikan bahwa karet sudah kembali rata.

Memeriksa Pembebas Tekanan

Anda bisa menekan pressure valve dengan kedua jempol lalu kemudian lepaskan secara perlahan. Pastikan juga bahwa katup itu kembali ke posisi semua, dan apabila katup tak dapat kembali maka komponen itu sudah tak lentur lagi.

Cara mengecek tutup radiator dengan menggantinya apabila pressure valve tidak bisa bekerja dengan baik lagi. Sebab hal seperti ini bisa membuat tekanan dalam sirkulasi sistem pendinginan menjadi lebih meningkat dan berbahaya.

Baca Juga: Merawat Radiator Mobil Tua, Gunakan Cara Ini!

Memeriksa Katup Vakum

Anda bisa menarik katup vakum lalu lepas lagi, dan pastikan bahwa katup vakum benar-benar kembali ke posisi semula. Apabila katup vakum tak kembali ke posisi awal, maka tutup radiator pun harus Anda ganti.

Sedangkan katup vakum yang jelek bahkan dapat membuat air dalam radiator menjadi berkurang setelah Anda gunakan. Oleh karena itu, setiap pagi ada baiknya jika selalu memeriksa jumlah air pendingin itu pada radiator.

Apabila jumlah cairan pendingin berkurang padahal dalam tangki cadangan masih penuh, artinya katup vakum tidak bisa bekerja dengan baik.

Dari beberapa cara mengecek tutup radiator tersebut, kini saatnya Anda untuk mencoba dan mempraktekkannya sendiri, Cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)