Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengembalikan Data Backup Android, Ikuti Langkah Ini!

Cara Mengembalikan Data Backup Android, Ikuti Langkah Ini!

Cara mengembalikan data backup Android kini bisa Anda lakukan dengan mudah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Sebenarnya mencadangkan berbagai file Android bisa menggunakan bantuan Google Drive maupun Google Backup.

Dengan langkah yang tepat, semua file atau dokumen yang sudah di backup kembali bisa Anda dapatkan. Saat ini kemajuan dunia teknologi semakin terlihat.

Bahkan ada banyak perubahan pada perangkat pintar demi memenuhi kebutuhan penggunanya. Smartphone menjadi benda wajib yang kini hampir semua orang memilikinya.

Perangkat pintar yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Namun ada banyak hal yang bisa Anda gunakan melalui ponsel Android.

Sehingga tidak sedikit data dan informasi yang tersimpan di dalamnya. Namanya juga manusia, terkadang bisa melakukan kesalahan yang tidak disengaja.

Data terhapus tidak dengan sengaja kemungkinan besar terjadi. Jika sudah terjadi seperti ini bisa membuat Anda merasa panik. Apalagi jika data tersebut masih penting.

Untuk dapat mengatasinya segera gunakan cara mengembalikan data yang sudah di backup di Android. Dengan mengikuti cara ini Anda dapat mengembalikan data yang tidak sengaja hilang.

Baca Juga: Cara Menggunakan AirDrop di Android, Simak Beberapa Trik Berikut Ini!

Cara Mengembalikan Data yang Sudah di Backup di Android, Mudah!

Keberadaan ponsel Android menjadi benda penting yang hampir dimiliki oleh semua orang. Sehingga tidak sedikit data yang tersimpan di dalamnya.

Apalagi dengan kemajuan dunia teknologi yang semakin canggih membuat ponsel Android digunakan untuk penyimpanan data penting pribadi, baik itu urusan pekerjaan maupun yang lainnya.

Namun pernahkah Anda tidak sengaja menghapus data yang ada? Jika pernah pasti Anda akan merasa panik.

Padahal tanpa Anda harus kebingungan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Jangan panik dan gunakan cara berikut ini:

Baca Juga: Cara Melihat History Game di Android Menggunakan Google Play Games

Menggunakan Google Drive

Saat Anda tidak sengaja menghapus data yang ada di Android, segeralah gunakan cara yang satu ini. Anda bisa gunakan cara tepat agar data-data penting yang sudah di backup dapat kembali.

Salah satu yang bisa mengatasinya yaitu dengan bantuan Google Drive. Anda bisa install aplikasi tersebut sebelum menggunakannya.

Saat hendak melakukan cara mengembalikan data yang sudah di backup dengan hal ini ikuti langkah yang tepat. Untuk memulihkan data Anda cukup masuk ke Google Drive dan klik setiap file yang akan Anda unduh.

Meski cara ini cukup mudah, bukan berarti Google Drive tidak memiliki kekurangan. Kekurangan dari Google Drive yaitu hanya dapat menyimpan data terbatas sekitar 15 GB.

Untuk kecepatan operasinya terbatas oleh kecepatan jaringan. Sehingga membuat Anda tidak dapat mengunduh banyak file dalam satu waktu.

Bahkan untuk membuat cadangan kontak atau log panggilan pun kurang baik.

Bisa-bisa untuk mencari lokasi penyimpanan Anda membutuhkan banyak waktu. Mengingat backup dan restore menjadi dua hal yang sering terjadi.

Maka Anda dapat melakukannya dengan aman, hanya dengan beberapa klik saja. Anda dapat memilih data yang akan kembali secara selektif tanpa kehilangan data.

Baca Juga: Cara Upgrade Android 13 Beta Paling Mudah dengan Beberapa Tips Ini!

Menggunakan Google Backup

Ada cara mengembalikan data yang sudah di backup di Android dengan bantuan aplikasi. Aplikasi Google Backup bisa membantu mengatasi masalah data yang terhapus dengan tidak sengaja.

Anda cukup masuk pada aplikasi tersebut dan pilih perangkat sebelumnya untuk bisa melihat data cadangan. Pilih file yang akan di backup ulang dengan memulihkannya menggunakan cara klik “Mengembalikan”.

Dengan melakukan satu klik saja data yang sudah di backup dapat kembali dengan baik. Bahkan Anda juga bisa menghubungkan perangkat Android dengan PC ketika hendak melakukan cara tersebut.

Apalagi kini Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi cadangan dan memulihkan di ponsel Android.

Dengan mengikuti beberapa cara tersebut membantu mengurangi rasa kepanikan yang Anda alami ketika data hilang.

Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan data di Android. Apalagi kini sudah hadir berbagai aplikasi Google untuk dapat membantu pengguna Android dalam berbagai hal.

Bahkan untuk mengembalikan data yang tidak sengaja terhapus pun bisa Anda lakukan dengan mudah dan aman. Kini sudah ada cara mengembalikan data yang sudah di backup di Android baik menggunakan Google Drive maupun Google Backup. (R10/HR-Online)

- Advertisment -