Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan AirDrop di Android, Simak Beberapa Trik Berikut Ini!

Cara Menggunakan AirDrop di Android, Simak Beberapa Trik Berikut Ini!

Cara menggunakan AirDrop di Android penting untuk Anda ketahui, sebab ini adalah sebuah layanan menarik yang memudahkan untuk berkirim data. Khususnya bagi para pengguna perangkat Apple, maka kata AirDrop itu pasti sudah tidak asing lagi.

Ini merupakan sebuah layanan untuk pengiriman data antara perangkat dengan memanfaatkan jaringan WiFi maupun Bluetooth.

Adanya layanan seperti ini, maka para pengguna dapat berkirim data seperti video, foto, musik, dan masih banyak lagi lainnya dengan mudah.

Baca Juga: Cara Melihat History Game di Android Menggunakan Google Play Games

Cara Menggunakan AirDrop di Android yang Paling Mudah, Anda Harus Tahu!

AirDrop sendiri merupakan sebuah fitur yang sebenarnya ada di iOS dan memudahkan untuk mengirim berbagai macam file dengan mudah.

Ini bukan merupakan aplikasi penyimpanan, akan tetapi AirDrop akan memungkinan penggunanya agar mengirim file melalui Bluetooth dan WiFi.

Untuk perangkat iPhone, maka cara penggunaannya adalah dengan mengklik atau mengetuk opsi Share saja. Nah, ketika jendela AirDrop sudah muncul, lalu tinggal ketuk pengguna yang ingin Anda ajak untuk berbagi file.

Sementara itu, pada perangkat Android, maka AirDrop ini sering disebut juga sebagai Nearby Share, yang merupakan AirDrop-nya Android. Meski demikian, ini juga memiliki fungsi yang sama layaknya AirDrop milik Apple.

Akan tetapi untuk bisa mengirim dan menerima file dengan Nearby Share, maka kedua perangkat Android sudah harus memiliki fitur tersebut.

Bahkan untuk saat ini Nearby Share pun sudah ada pada semua jenis perangkat Android, khususnya versi 6.0 ke atas.

Fitur ini akan dimasukkan ke dalam Android melalui Google Play Service atau sebuah komponen perangkat Android bersama Google Play Store. Untuk bisa menggunakannya, pastikan bahwa Nearby Share sudah terupdate dahulu.

Baca Juga: Cara Menghapus Chrome di Android yang Tidak Terpakai, Ini Langkahnya!

Cara Update Google Play Service

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan AirDrop di Android, pertama Anda harus tahu caranya untuk mengupdate Google Play Service.

Langkah yang pertama adalah dengan membuka browser di HP lalu ketikkan “Google Play Service”.

Pada hasil pencariannya, Anda bisa memilih Google Play Service dan pastikan bahwa developernya adalah Google LLC. Jika sudah, maka langsung saja update sampai benar-benar selesai.

Nah, sementara itu untuk mengaktifkannya Anda bisa membuka menu Pengaturan yang ada di perangkat Android Anda.

Jika sudah kemudian pilih Google dan scroll sampai ke bawah dan pilih “Device Connections” kemudian Nearby Share.

Terakhir tinggal aktifkan saja tombol fitur Nearby Share tersebut. Nantinya juga akan ada tiga pilihan visibilitas Nearby Share yang dapat Anda pilih. Seperti All Contacts, Some Contacts, dan Hidden.

Tips Menggunakan AirDrop dengan Mudah

Cara menggunakan AirDrop di Android sebenarnya tergolong sangat mudah dan simpel, sehingga Anda tak perlu khawatir.

Pertama-tama anda bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi bernama AirDrop-WiFi File Transfer APK.

Kemudian install di HP Android Anda, jangan lupa untuk menjalankan aplikasi itu dengan cara memilih Start Sharing> Accept. Lalu tunggu sampai beberapa saat

dan semakin banyak data yang tersimpan dalam HP, maka akan semakin lama juga Anda menunggu.

Jika sudah selesai, Anda bisa langsung buka URL pada perangkat lain, namun pastikan dulu Anda sudah mencatat kode yang akan tampil dulu. Kemudian buka browser pada perangkat Android lain dan buka saja URL yang muncul sebelumnya.

Kini saatnya Anda harus memasukkan kode yang sebelumnya sudah Anda catat. Kini saatnya Anda bisa langsung akses serta memindahkan file dari Android satu ke Android lain dengan mudah.

Baca Juga: Cara Menampilkan Google di Layar Utama HP Android

Perhatikan Ini Sebelum Memulai

Cara menggunakan AirDrop di Android sebenarnya sangat mudah. Namun sebelum memulainya, pastikan dulu bahwa si penerima konten sudah berada di sekitar area jangkauan Bluetooth dan WiFi.

Selain itu, pastikan juga bahwa si penerima konten sudah mengatur AirDrop supaya bisa menerimanya. Kemudian penerima juga harus sudah memiliki alamat email maupun nomor HP pengirim supaya AirDrop bisa berfungsi.

Apabila pengirim tidak ada di kontak penerimanya, maka pastikan dulu bahwa penerima sudah mengkonfigurasi pengaturan penerimaan AirDrop.

Pengirim lalu bisa menetapkan pengaturan penerima AirDrop ke penerimaan mati kapan saja.

Jika sudah maka tinggal buka aplikasi AirDrop lalu bagikan. Pilih konten yang ingin Anda bagikan dan memilih siapa penerimanya.

Nantinya penerima yang menggunakan AirDrop juga akan mendapat pemberitahuan untuk memilih atau menolak.

Sebenarnya cara menggunakan AirDrop di Android ini tergolong sangat mudah. Kini saatnya Anda untuk mempraktekkannya sendiri. (R10/HR-Online)