Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Rem Tangan Mobil, Simak Dua Langkah Mudah Ini!

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil, Simak Dua Langkah Mudah Ini!

Cara menggunakan rem tangan mobil penting untuk kita ketahui. Karena keberadaan rem ini memang berperan sangat penting, sehingga wajib kita pahami.

Sebab, selain hanya bisa membantu mobil supaya lebih aman, rem tangan juga berguna ketika kondisi jalanan macet.

Sayangnya, walaupun perannya sangat penting ada sebagian besar orang yang justru sembarangan dalam menggunakan hand brake ini. Jika Anda adalah salah satunya, maka harus membaca artikel kali ini sampai selesai.

Baca Juga: Singkatan ABS pada Mobil, Cara Kerja dan Komponen Penyertanya

Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil yang Harus Anda Ketahui

Semua jenis kendaraan sudah pasti akan memiliki fitur keamanan, sebut saja seperti rem. Pasalnya rem mampu untuk menghentikan laju kendaraan agar lebih aman selama mengendarainya.

Sementara itu, ada juga jenis rem yang ada, pertama ada rem kaki dan rem tangan mobil, tentunya keduanya akan memiliki fungsi berbeda. Ada yang berguna untuk membantu parkir dan ada juga yang untuk menghentikan laju kendaraan.

Istilah lain untuk rem tangan adalah rem parkir, hal ini benar adanya sebab fungsinya adalah untuk menjaga mobil supaya tetap diam saat parkir.

Apalagi saat sedang berada di jalanan yang tidak merata seperti turun maupun naik, maka perannya sangat penting. Lantas bagaimana cara penggunaannya yang benar?

Baca Juga: Kampas Rem Mobil Bau Gosong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Penggunaan Rem Tangan Pedal

Sebenarnya cara menggunakan rem tangan mobil yang satu ini cukup mudah dan efisien alias lebih simple anti ribet. Pada dasarnya rem tangan pedal pasti akan mempunyai posisi yang terletak sejajar pada pedal gas-nya.

Rem tangan jenis ini biasanya hanya sering kita temukan di beberapa kendaraan mobil ukuran sedang saja, misalnya seperti Toyota Camry. Seperti penjelasan tadi bahwa penggunaan rem tangan jenis pedal ini juga cukup mudah.

Sebab, Anda hanya cukup menginjak rem pedal tangan tersebut sampai ke dalam. Jika sudah maka langsung injak pedal-nya sekali lagi jika ingin kembali berjalan. Cukup mudah bukan?

Baca Juga: Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba

Penggunaan Rem Tangan Tuas atau Stik

Cara menggunakan rem tangan mobil jenis ini juga akan sedikit berbeda dengan rem tangan pedal sebelumnya. Sebab jenis rem tangan kali ini merupakan hal yang paling sering kita temukan hampir di sebagian besar jenis kendaraan roda empat.

Rem tangan tuas alias rem tangan bentuknya seperti stik. Sementara itu, cara untuk menggunakan rem jenis ini juga tergolong sangat mudah.

Sayangnya ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara untuk menarik rem tangan tuas secara tepat. Nah, untuk menarik rem tangan tugas Anda cukup menekan saja tombol pengamannya yang terletak pada bagian alat.

Jika sudah, maka langsung tarik ke arah atas secara perlahan-lahan sampai terdengar suara “Klik”.

Sedangkan untuk menurunkannya maka Anda bisa menekan lagi tombol pengaman lalu menurunkan tuas rem sampai berada pada posisi semula. Mudah bukan?

Memang rem tangan mobil ini hanya sering digunakan pada waktu-waktu tertentu saja alias tidak secara terus-menerus. Meski demikian, mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan rem tangan mobil merupakan hal yang penting untuk Anda ketahui. (R10/HR-Online)

- Advertisment -