Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghapus Cache di iPhone Cepat, Memori Lapang Tanpa Lemot!

Cara Menghapus Cache di iPhone Cepat, Memori Lapang Tanpa Lemot!

Cara menghapus cache di iPhone dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Hal ini bertujuan untuk membuat perangkat menjadi lebih ringan dan kinerjanya pun juga jadi lebih meningkat.

Seperti yang kita tahu, pada perangkat smartphone, terutama pada iPhone secara otomatis membuat file tersembunyi dalam penggunaan beberapa hari. Selanjutnya, file tersebut akan tersimpan di area sementara memori iPhone.

Ini populer dengan istilah cache. Dengan menghapus cache dapat mengosongkan ruang penyimpanan ponsel. Dengan ruang penyimpanan yang lapang, maka kinerja ponsel pun akan lebih maksimal.

Baca Juga: Perbedaan Cache dan Cookies Penting Dipahami, Simak Selengkapnya!

Cara Menghapus Cache di iPhone Paling Efektif

Salah satu penyebab perangkat HP menjadi lemot adalah riwayat cache yang menumpuk dan jarang dibersihkan. Cache dapat diartikan sebagai memori singgahan atau memori sementara.

Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data dengan tujuan supaya permintaan akses selanjutnya dapat lebih cepat untuk terpenuhi. Jika memori pada ponsel penuh, seringkali akan menimbulkan berbagai masalah.

Salah satunya ponsel yang berjalan lambat atau lemot. Hal ini karena pada perangkat iPhone tidak memperoleh kelengkapan dengan memori eksternal sebagaimana pada perangkat Android.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pengguna untuk selalu membersihkan cache yang terdapat di dalam perangkat iPhone yang mereka gunakan. Berikut ini beberapa pilihan cara untuk menghapus cache di perangkat iPhone antara lain:

Baca Juga: Cara Menghapus Cache di HP Samsung untuk Semua Tipe, Ini Tutorialnya

Membersihkan Data Aplikasi

Cara ini juga dapat pengguna lakukan pada Android. Menghapus data yang terdapat di dalam aplikasi sama seperti dengan menginstall ulang aplikasi tersebut setelah datanya dibersihkan lebih dulu. Lalu bagaimanakah cara mudah menghapus cache di iPhone dengan membersihkan data aplikasi ini?

  • Pertama, silahkan buka menu setting lalu pilih opsi general
  • Setelah itu, Anda dapat pilih menu storage iPhone yang selanjutnya akan muncul daftar aplikasi dengan tampilan jumlah data pada masing-masing aplikasi tersebut.
  • Rekomendasi bagi setiap pengguna smartphone, khususnya pada iPhone sebaiknya menghapus sebuah aplikasi yang memorinya telah lebih dari 500 MB.
  • Kemudian Anda dapat memilih aplikasi dengan jumlah data tersebut lalu pilih menu ‘delete app’.
  • Silahkan Klik Offload App. Lalu pada laman pop-up, bisa langsung klik Offload App untuk mulai menghapus aplikasi tersebut.
  • Konfirmasi persetujuan hapus, selanjutnya Anda dapat mengunduh serta memasang ulang aplikasi tersebut di Apple Store

Baca Juga: Cara Cek Garansi iPhone Paling Cepat dan Akurat, Simak Tips Mudah!

Menghapus Cache di iPhone Melalui Browser Safari

Cara lain untuk menghapus cache di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi Safari. Pengguna iPhone tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Safari merupakan official browser untuk perangkat iPhone dalam versi apapun.

Tentu saja aplikasi ini sangat sering pengguna manfaatkan. Sehingga sangat berpotensi untuk mengumpulkan cache dalam jumlah banyak. Agar perangkat tidak lemot maka penting bagi Anda untuk menghapus cache dalam aplikasi ini. Berikut ini langkah mudah untuk menghapus cache yang terdapat dalam Safari browser antara lain:

  • Langkah pertama, Anda hanya perlu membuka menu setting pada perangkat iPhone yang Anda gunakan.
  • Kemudian langsung saja scroll ke arah bawah hingga aplikasi Safari Anda temukan
  • Pada saat memilih aplikasi ini akan muncul menu Privacy & Security di bagIan bawahnya.
  • Maka langsung saja tap opsi Clear History & Website Data
  • Kemudian tap opsi Clear History Website Data
  • Setelah klik menu tersebut, maka akan muncul pop up
  • Silahkan pilih opsi Clear History & Data
  • Cara menghapus cache di Iphone dengan menggunakan aplikasi safari selanjutnya adalah sistem akan langsung menghapus semua cache yang ada pada aplikasi Safari ini. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Hapus Cache dengan Restart Perangkat

Cara mudah menghapus cache iPhone berikutnya adalah dengan melakukan restart. Berikut ini tutorial yang dapat Anda lakukan antara lain

  • Langkah pertama silahkan  tekan tombol sleep/wake pada perangkat iPhone yang Anda gunakan
  • Dalam hitungan detik akan muncul slide to power off
  • Silahkan tekan opsi ini, maka perangkat iPhone akan mati secara otomatis
  • Langkah selanjutnya, setelah mati nyalakan kembali dengan menekan tombol sleep/wake
  • Saat ponsel sudah nyala, maka sistem iOS bisa mengelola memori dengan stabil. Ponsel yang lemot kinerjanya bisa lebih meningkat.

Setelah mengikuti salah satu cara menghapus cache di iPhone di atas, maka secara otomatis cache yang terdapat pada perangkat ini sudah terhapus seluruhnya. Selanjutnya Anda dapat mengecek performa iPhone. Maka penggunaannya akan jauh lebih ringan setelah cara tersebut diterapkan. (R10/HR-Online)