Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghapus Chrome di Android yang Tidak Terpakai, Ini Langkahnya!

Cara Menghapus Chrome di Android yang Tidak Terpakai, Ini Langkahnya!

Cara menghapus Chrome di Android ini penting Anda ketahui, mengingat bahwa banyaknya cache dari aplikasi ini membuat ponsel menjadi lambat.

Sehingga perangkat Android seringkali lambat hanya karena ada banyak cache atau sampah yang terkumpul dalam memori.

Sebut saja seperti Chrome, jika sudah tidak Anda gunakan, maka bisa uninstal saja supaya tidak memenuhi ruang memori.

Selain dengan mengosongkan memori internal, menghapus aplikasi seperti ini juga bisa membuat kinerja HP menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Cara Menampilkan Google di Layar Utama HP Android

Cara Menghapus Chrome di Android yang Paling Mudah dan Simpel

Seperti yang kita ketahui, Google Chrome sendiri merupakan salah satu browser yang seringkali kita gunakan. Khususnya untuk Android, maka Chrome ini mampu memberikan lebih banyak artikel berita yang dipersonalisasikan.

Chrome juga tidak hanya cepat untuk Google Penelusuran semata, melainkan juga bisa untuk mengakses semua konten dengan mudah.

Bahkan, Anda juga dapat menge-tap situs berita maupun media sosial lainnya langsung dari halaman tab baru.

Selain itu, Chrome sendiri merupakan aplikasi bawaan di HP Android, namun tidak semua orang seringkali menggunakannya. Bahkan ada sebagian dari mereka yang justru ingin menghapus aplikasi tersebut dari ponsel mereka.

Aplikasi bawaan tersebut adalah produk dari Google yang merupakan salah satu pengembang dari sistem operasi Android.

Tapi apakah menghapus aplikasi bawaan seperti Chrome ini berbahaya? Lalu bagaimana cara menghapusnya?

Baca Juga: Cara Upgrade Android 13 Beta Paling Mudah dengan Beberapa Tips Ini!

Alasan Menghapus Chrome

Sebelum mengetahui tentang bagaimana cara menghapus Chrome di Android, ada baiknya jika Anda mengetahui alasan orang menghapus aplikasi tersebut.

Sebab, dengan banyaknya aplikasi bawaan HP tak terkecuali Chrome, seringkali membuat orang ingin menghapusnya.

Ada banyak faktor yang membuat orang ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut, salah satunya adalah karena tidak digunakan.

Mengingat bahwa memasang aplikasi bawaan ini pasti juga memiliki tujuan tertentu, seperti memudahkan pengguna.

Tidak hanya itu saja, kapasitas penyimpanan yang penuh juga menjadi alasan selanjutnya mengapa aplikasi bawaan perlu dihapus.

Karena jika memori penyimpanan sudah penuh, biasanya akan membuat kinerja HP menjadi lebih lemot.

Banyak dari pengguna yang beranggapan bahwa aplikasi bawaan seperti itu tidak begitu penting sehingga tidak berguna bagi mereka. Jadi, jalan satu-satunya adalah dengan menghapus saja agar tidak memenuhi ruang memori penyimpanan.

Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan HP Chrome

Kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menghapus Chrome di Android karena sudah tidak terpakai lagi. Sebenarnya caranya ini tergolong sangat mudah, sebab hanya beberapa langkah saja.

Pertama-tama Anda bisa membuka Google Play, kemudian cari Explore pada bagian kolom pencarian dan install aplikasi tersebut.

Nah, Explore sendiri adalah aplikasi yang memudahkan untuk mengatur serta menghapus aplikasi di HP.

Jika sudah selesai, lalu buka aplikasi tersebut dan pada bagian Root Anda bisa memilih file yang bernama System. Dalam file System itu ada banyak file, seperti Chrome dan Anda bisa langsung menghapusnya.

Tekan Chrome kemudian uninstal dan pada bagian atas akan langsung muncul gambar tempat sampah.

Lalu tinggal klik ikon itu dan tekan Yes untuk menghapusnya secara permanen. Selesai.

Baca Juga: Cara Menghapus File Duplikat di Android dengan Beberapa Langkah

Menghapus Aplikasi Bawaan Apakah Berbahaya? Simak!

Setelah mengetahui cara menghapus Chrome di Android, apakah Anda juga sudah tahu bahwa menghapus aplikasi bawaan HP itu bahaya?

Pertanyaan seperti ini seringkali muncul oleh banyak pengguna HP Android.

Jika Anda adalah salah satunya, maka jangan langsung panik dan berpikiran yang aneh-aneh. Jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan seperti Chrome karena beberapa alasan misalnya seperti memenuhi ruang penyimpanan, tidak masalah.

Sebenarnya saat Anda akan menghapusnya, maka tidak perlu merasa takut dan khawatir. Sebab aplikasi bawaan ini memang sama saja layaknya seperti aplikasi pada umumnya itu.

Aplikasi bawaan ini berguna untuk memudahkan dalam membuka atau untuk memulai pekerjaan di ponsel Anda. Namun jika Anda masih ragu dan sudah terlanjur uninstal, maka tinggal menginstal kembali.

Cara menghapus Chrome di Android kini sudah Anda ketahui, sebenarnya caranya tergolong cukup mudah. Sehingga apabila aplikasi itu tidak terpakai atau memenuhi ruang penyimpanan, ada baiknya jika Anda hapus saja. (R10/HR-Online)