Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghapus File Duplikat di Android dengan Beberapa Langkah

Cara Menghapus File Duplikat di Android dengan Beberapa Langkah

Cara menghapus file duplikat di Android sangat penting untuk Anda ketahui dan wajib Anda pahami, agar suatu saat bisa melakukannya sendiri. Nah, file duplikat sendiri adalah salah satu perkara yang seringkali membuat jengkel para pengguna HP.

Hal ini karena memori bisa saja penuh dengan berbagai macam file yang isinya sama dengan data-data lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menemukan dan menghapus file tidak penting itu.

Baca Juga: Cara Membuat Sorotan di Facebook Android, Simak Tutorial Lengkap!

Cara Menghapus File Duplikat di Android yang Paling Simpel, Bagaimana Tipsnya?

Salah satu masalah yang cukup mengganggu para pengguna HP Android yaitu mengenai kapasitas memorinya. Tidak peduli seberapa besar kapasitas memori HP Anda, ini bisa terjadi apabila Anda tidak tahu bagaimana cara simpan file yang benar.

Pada dasarnya penyimpanan Android ini juga akan sangat berbeda dari iPhone, sebab di iPhone penyimpanan file-nya jauh lebih rapi.

Sedangkan pada Android, justru file yang Anda simpan pada bagian penyimpanan eksternal atau internal terkadang sudah tersalin secara otomatis oleh sistemnya.

Sehingga cara menghapus file duplikat di Android ini penting untuk Anda ketahui supaya file-file yang tidak penting bisa terhapus. Mengingat semakin banyaknya pengulangan, maka dapat membuat HP Android Anda berjalan lebih lambat.

Sehingga satu-satunya cara guna memperbaiki dan mengatasi masalah seperti itu adalah dengan menghapus file duplikatnya. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan dan lakukan sekarang juga!

Baca Juga: Cara Membuka File EXE di HP Android dengan Bantuan Aplikasi aFreeBox 

Gunakan Aplikasi Duplicate Files Fixer

Cara menghapus file duplikat di Android untuk tips yang pertama Anda bisa menggunakan aplikasi Duplicate Files Fixer. Langkah yang pertama adalah dengan mendownload, lalu menginstal aplikasi tersebut dari layanan Google Play Store.

Jika sudah, kemudian langsung jalankan aplikasinya dan pilih Let’s Go untuk masuk ke bagian halaman pertamanya. Langsung izinkan aplikasi itu untuk bisa mengakses seluruh direktori yang ada pada media penyimpanan HP seperti dokumen, foto, video, dan audio.

Untuk mengizinkannya, Anda cukup menekan opsi Go It kemudian tekan lagi tombol Allow apabila muncul pop up konfirmasi.

Anda bisa mencari file duplikat pada format tertentu, tapi jika ingin memindai semuanya maka pilih saja opsi Full Scan lalu Scan Now.

Tunggu hingga beberapa saat sampai file duplikasi itu muncul pada halaman Duplicates Files dan Anda bisa melihat file sesuai formatnya.

Nah, untuk menghapus file duplikat itu, Anda cukup tekan opsi Delete Now lalu OK untuk melakukan konfirmasi.

Gunakan Search for Duplicate Files

Cara menghapus file duplikat di Android untuk langkah yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Search for Duplicate Files atau SDF. Nah, aplikasi yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menghapus file duplikat dengan mudah dan simpel.

Untuk langkah yang pertama, Anda bisa mengunduh kemudian menginstal aplikasi Search for Duplicate Files atau SDF itu. Jika sudah, maka langsung buka saja aplikasinya kemudian memilih lokasi penyimpanan.

Langkah selanjutnya adalah dengan menekan opsi atau tombol pindah pada bagian bawah layar yang ada itu. Tunggu beberapa menit hingga prosesnya benar-benar selesai.

Nantinya secara otomatis seluruh file duplikat pada HP Android Anda akan langsung muncul. Nah, untuk menghapusnya maka Anda cukup memilih opsi Hapus saja.

Baca Juga: Cara Mengganti DNS di Android dengan Langkah Mudah Pemula pun Bisa

Menghapus dari Jenis File Tertentu

Cara menghapus file duplikat di Android juga bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan trik yang satu ini. Langkah yang pertama adalah Anda bisa membuka aplikasi Cari Duplikat.

Jika sudah, kemudian buka aplikasinya dan buka pada bagian menu yang terletak pada bagian sudut kanan atas layar HP. Kemudian Anda bisa memilih opsi “Umum” dan kosongkan kotak centang pada bagian Cari Semua Jenis File.

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih jenis file yang ingin Anda cari dengan memberi tanda centang pada bagian kolom yang tersedia. Kemudian kembali lagi ke halaman aplikasi utama.

Semua file duplikat di HP Android Anda akan langsung muncul secara otomatis. Tugas Anda adalah cukup memilih jenis file yang ingin Anda hapus.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara menghapus file duplikat di Android seperti tadi, kini tidak perlu merasa bingung dan khawatir lagi. Sebab Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi tersebut untuk menghilangkan file yang tidak penting. (R10/HR-Online)