Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengubah Jam di Android dengan Dua Trik, Simak Penjelasannya!

Cara Mengubah Jam di Android dengan Dua Trik, Simak Penjelasannya!

Cara mengubah jam di Android memang penting untuk Anda ketahui, mengingat bahwa jam merupakan penanda waktu yang memiliki banyak manfaat. Setiap pengguna biasanya juga akan disibukkan dengan mengecek waktu apabila mereka tak ada pekerjaan.

Setiap perangkat Android yang kita gunakan, baik itu milik sendiri maupun orang lain pastinya akan ada perbedaan dari waktu yang ada. Sebab ada beberapa pengguna yang mengubah waktu secara manual bahkan ada juga yang mengubahnya secara otomatis. Lantas apa perbedaannya?

Cara Mengubah Jam di Android yang Paling Mudah dengan Trik Berikut Ini!

Selain berguna untuk alat berkomunikasi, perangkat smartphone, terutama Android kini sudah memiliki banyak fitur menarik yang tidak kalah penting. Sebut saja seperti fitur tanggal dan waktu, yang mana ini merupakan fitur penting pada sebuah smartphone.

Seberapa pentingnya? Pasalnya hal ini terjadi karena pada sejumlah aplikasi di HP mengharuskan para penggunanya untuk men-setting tanggal & waktu dengan benar supaya tidak terjadi error.

Fitur tersebut biasanya juga sudah secara otomatis akan disesuaikan dengan zona waktu dari jaringan yang ada di lokasi Anda berada. Akan tetapi terkadang ada beberapa jenis HP yang perlu melakukan setting ulang tanggal dan waktu tersebut.

Mengingat bahwa dengan adanya fitur jam seperti ini, maka akan membuat para penggunanya lebih mudah untuk melihat waktu di ponsel mereka. Lalu bagaimana cara untuk men-settingnya? Ada berapa langkah?

Baca Juga: Cara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Tentang Mengubah Waktu di HP

Sebelum lebih lanjut membahas tentang bagaimana cara mengubah jam di Android Anda perlu mengetahui seberapa pentingnya fitur tersebut. Jika dulu pada ponsel perlu disetting secara manual, maka beberapa tahun belakangan ini, waktu di ponsel sudah bisa otomatis menyesuaikan.

Akan tetapi ada saja alasan pengguna Android untuk mengubah waktu di HP mereka, baik itu karena jam error, ingin mengedit waktu hingga koneksi terputus. Pada dasarnya sangat mudah bagi kita untuk mengatur waktu di HP, baik itu ponsel baru atau ponsel lama sekalipun.

Salah satu caranya adalah dengan mengakses menu Pengaturan, dan hal ini sama mudahnya saat kita akan mengecek bagaimana kondisi baterai. Akan tetapi jika Anda belum mengetahui tentang bagaimana cara mengubahnya, maka tidak perlu khawatir dan bingung.

Sebab ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan tanpa perlu merasa khawatir. Akan ada dua cara untuk mengatur jam, baik itu secara manual maupun secara otomatis.

Baca Juga: Tips Cara Bedakan Smartphone Android Asli atau Palsu

Cara Mengatur Secara Manual

Cara mengubah jam di Android untuk trik manual ini merupakan pilihan yang tepat karena tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lain. Jadi saat menggunakan trik ini, maka Anda akan diberikan lebih banyak pilihan untuk memilih zona waktu yang sesuai dengan lokasi.

Sehingga Anda bisa memalsukan jam maupun tanggal melalui fitur yang satu ini yakni mengubahnya secara manual. Bahkan semua perangkat termasuk Android pun bisa melakukan setting dengan sangat mudah.

Langkah yang pertama Anda bisa pergi ke menu Pengaturan atau Setting yang ada di perangkat Android, lalu pilih menu Tanggal dan Waktu. Jika sudah, lalu pilih opsi “Jangan Aktifkan” pada pilihan Tanggal dan Waktu Otomatis.

Nah untuk mengatur jamnya, Anda tinggal memilih opsi “Setelan Waktu” kemudian aturlah tanggal dan jam sesuai keinginan. Selesai, kini jam dan tanggal pun sudah berhasil Anda terapkan secara manual.

Baca Juga: Cara Masuk Deep Web di Android dengan Mudah, Aman Melalui Aplikasi

Cara Mengubah Secara Otomatis

Cara mengubah jam di Android selanjutnya ini adalah secara otomatis, dan hanya bisa Anda lakukan saat terhubung ke sumber internet saja. Sebab fitur otomatis seperti ini hanya bisa Anda lakukan jika ada kartu SIM pada HP dan terhubung ke jaringan.

Bagi sebagian besar orang mungkin juga akan mengalami masalah seperti ini, karena seharusnya HP menampilkan waktu yang tepat saat pengaturan secara otomatis. Hal ini karena akan terkait tentang adanya kartu SIM serta jaringan internet saja.

Solusinya cukup sederhana, pertama pastikan dulu bahwa kartu SIM yang Anda gunakan di HP Android masih aktif. Kedua adalah dengan mengaktifkan jaringan data internet untuk memulai sinkronisasi waktu dengan server Google. Bagaimana cukup mudah?

Akan tetapi apabila solusi ini tidak berhasil, maka salah satu jalan terbaiknya adalah dengan mengatur dengan cara manual seperti sebelumnya. Yakni dengan cara memilih zona waktu yang tepat sesuai dengan lokasi Anda berada saat ini.

Beberapa cara mengubah jam di Android sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. Kini Anda bisa menerapkannya apabila jam dan tanggal pada HP Anda tidak sesuai. (R10/HR-Online)

- Advertisment -