Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Perawatan Rem Tromol Sepeda Motor Agar Fungsinya Maksimal

Cara Perawatan Rem Tromol Sepeda Motor Agar Fungsinya Maksimal

Cara perawatan rem tromol sepeda motor  perlu Anda ketahui. Rem tromol maupun rem mekanis telah banyak digunakan pada sepeda motor Indonesia. Mengingat pengoperasian rem tromol dengan sistem mekanis sling atau kawat rem yang terhubung ke handle rem cukup vital, maka memastikan dalam kondisi baik adalah keharusan. 

Fungsinya untuk memperlambat dan menghentikan kendaraan, ini sangat mempengaruhi keselamatan pengendara. Kondisi rem tromol yang bagus serta terawat membantu pengguna melindungi dirinya saat berkendara. Untuk itu Anda perlu mengetahui dengan seksama agar dapat merawatnya setiap saat. 

Baca Juga: Master Rem Motor Bocor, Kenali Fungsinya Agar Sistem Tidak Blong

Ikuti Cara Perawatan Rem Tromol Sepeda Motor Agar Tetap Pakem

Untuk melakukan perawatan maka Anda perlu lakukan hal berikut ini. 

Pengecekan Sistem Rem Tromol

Memeriksa sistem rem tromol adalah suatu hal penting. Lakukan pemeriksaan mekanisme kerja handle rem, tuas rem dan kabel. Apabila kondisi gerak bebas handel rem terlalu jauh maupun tidak sesuai dengan spesifikasi pengereman maka lakukan penyetelan dengan cara memutar mur pada tuas rem.

Untuk membuat rem lebih responsif maka Anda bisa gunakan paha rem yang lebih pendek. Sesuaikan dengan selera dan keinginan Anda. 

Baca Juga: Cara Mengisi Minyak Rem Motor Sendiri dengan Mudah, Simak!

Bersihkan Rem Tromol

Sebagai pengendara tentu Anda perlu mengetahui cara membersihkan rem tromol. Menerapkannya memang agak sulit. Anda bisa meminta bantuan mekanik untuk melakukan pembersihan rem tromol. Karena perlu dilakukan pembukaan as roda dan beberapa baut yang saling terhubung pada bagian tutup tromol. 

Ketika roda terbuka semua akan terlihat termasuk debut yang pekat dan lengket. Membersihkannya cukup dengan air sabun dan kuas sehingga debu yang menempel menjadi bersih dan hilang.

Cara perawatan rem tromol sepeda motor cukup mudah. Jangan lupa bersihkan kampas rem dengan sikat kawat atau sikat untuk mencuci piring kasar untuk permukaan. Ini bertujuan agar memicu jepitan rem menjadi lebih pakem. Pembersihan ini untuk menghindari rem tromol macet atau roda tidak berputar meski handrem telah diturunkan. 

Baca Juga: Rem Cakram Motor Seret, Kenali Apa Saja Penyebabnya

Bersihkan dan Bilas Saat Terkena Air Hujan

Ketika memasuki musim penghujan, maka Anda sebaiknya sering-sering membilasnya dari air hujan. Air hujan yang bercampur dengan kotoran maupun pasir turut masuk dalam sela bagian as roda. Tentunya hal ini membawa pengaruh pada kualitas pengereman. 

Sehingga keadaan ini merusak dan mengurangi kepakeman rem hingga menimbulkan suara berdecit saat pengereman. Untuk itu ketika Anda membawanya saat hujan sebaiknya Anda segera membersihkannya sehingga rem tromol terawat dengan baik. 

Menjaga Performa Bearing Roda

Cara selanjutnya agar rem tromol terawat adalah melakukan perawatan pada kondisi bearing. Ketika bearing roda tidak pas maka memicu kampas pada rem tromol menjadi tidak rata.

Oleh karena itu Anda perlu menyempatkan untuk melakukan pengecekan leher pada bagian tersebut secara berkala. Jangan menyepelekan cara perawatan rem tromol sepeda motor. Anda bisa secara rutin mengolesi bagian permukaan dengan oli untuk mencegah munculnya kondisi korosi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -