Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Reset ECU Vario 150 Membantu Menjaga Performa Kendaraan

Cara Reset ECU Vario 150 Membantu Menjaga Performa Kendaraan

Cara reset ECU vario 150 sendiri bisa Anda lakukan di rumah. Bahkan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari hal tersebut.

Reset ECU atau proses pembersihan bisa membantu kondisi sepeda motor dalam keadaan prima.

Bahkan mampu mengembalikan parameter awal motor yang diatur pabrikan. Proses mereset ECU ini bisa Anda lakukan sendiri, jika tidak mintalah bantuan pada bengkel resmi untuk service.

Seperti yang sudah banyak masyarakat ketahui, jika sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan. Selain simpel dan praktis penggunaannya, perawatannya pun kini jauh lebih mudah.

Bahkan kecanggihan teknologi yang ada justru mempermudah penggunanya dari segi perawatan. Seperti halnya pada sepeda motor Honda keluaran terbaru.

Kini proses perawatan atau service sudah bisa terjadi secara otomatis. Bahkan cara reset ECU vario 150 pun tergolong mudah.

Hasil pengukuran tersebut bisa kembali ke awal secara rutin dalam waktu tertentu. Sehingga sepeda motor mampu terus menyesuaikan dengan karakter penggunanya.

Baca Juga: Cara Melepas Piston Kaliper Motor Secara Mandiri dan Mudah

Cara Reset ECU Vario 150 Secara Manual

Mengingat kemajuan dunia teknologi yang semakin canggih membuat pabrikan motor juga ikut berinovasi. Kini hampir semua perusahaan otomotif berusaha memberikan tipe kendaraan masa kini.

Hal ini bertujuan untuk dapat membantu penggunanya lebih mudah saat menggunakan kendaraan. Salah satu pembaharuan yang diberikan oleh perusahaan otomotif dari Honda yaitu reset ECU.

Reset ECU bisa Anda lakukan secara otomatis maupun manual.

Jika Anda hendak melakukan reset tersebut secara manual bisa saja. Misalnya setelah ada pembongkaran atau penggantian komponen sistem injeksi.

Bahkan reset ECU manual juga bisa Anda lakukan ketika hendak menghilangkan kedipan lampu MIL atau petunjuk adanya kerusakan. Dengan menggunakan langkah yang tepat, reset ECU bisa dilakukan dengan mudah.

Mengetahui Posisi Soket untuk Reset

Sebelum melakukan cara reset ECU vario 150 sebaiknya Anda mengetahui posisi soket. Sebab, setiap tipe sepeda motor memiliki posisi soket yang tidak sama.

Ada yang berada di bagian cover depan, ada juga yang terletak pada bagian bawah jok. Pada umumnya soket memiliki warna merah dan tidak tersambung dengan apapun.

Bisa dibilang jika soket tersebut buntu tertutup. Jika sudah ketemu, Anda bisa membukanya.

Setelah terbuka, ada 4 colokan dan pilih 2 colokan vertikal pada sebelah kiri klip pengunci.

Namun, jika Anda masih bingung bisa menggunakan bantuan alat colok soket ECU. Sehingga Anda tinggal colokan saja.

Baca Juga: Fungsi CDI Motor pada Sistem Pengapian Lengkap dengan Komponennya

Fungsi Reset ECU

Setelah Anda tahu cara reset ECU vario 150 tentu harus tahu juga fungsi dari komponen tersebut. Seperti yang sudah Anda ketahui jika semua jenis kendaraan membutuhkan yang namanya service atau perawatan.

Hal ini bertujuan agar komponen-komponen kendaraan dapat berfungsi dengan optimal. Berbeda halnya jika motor Anda biarkan saja, maka lama kelamaan akan timbul masalah hingga membuat motor tidak nyaman ketika Anda jalankan.

Salah satu kemajuan inovasi dari perusahaan otomotif yaitu adanya reset ECU. Dengan melakukan reset ECU mampu membuat memori ECU akan hilang dan mengembalikan performa mesin.

Selain itu, tidak ada salahnya jika perawatan tersebut Anda sertai dengan reset Throttle Position. Dengan melakukan dua reset tersebut mampu mengembalikan posisi throttle.

Sebaiknya menyetel ulang idle ketika throttle dalam kondisi tertutup. Jika sampai Anda melakukan kedua reset tersebut, maka mampu membuat sistem kerja injeksi kembali optimal.

Menghapus Kode DLC

Cara reset ECU Vario 150 cukup mudah. Anda bisa membuka penutup soket DLC, jumper kabel hijau-coklat. Selanjutnya kunci kontak ON lampu kedip, kurang lebih 3.5 detik.

Setelah itu, bisa cabut jumper dan pasang kembali setelah 3-5 detik lampu berkedip. Jika sudah, Anda bisa mematikan kunci kontak.

Baca Juga: Cara Cabut Aki Mobil yang Benar Dimulai Dari Terminal Negatif

Reset ECU Standar Pabrik

Jika Anda hendak melakukan reset ECU pabrik DLC terpasang, buka gas dan kontak ON. Selanjutnya tutup gas penuh lalu kunci kontak ON.

Tunggu gas selagi lampu berkedip cepat, kemudian matikan kontak setelah lampu berkedip secara lambat.

Sebenarnya dengan adanya reset ECU ini membantu pemilik motor lebih mudah dalam melakukan service. Bahkan cara reset ECU Vario 150 bisa Anda lakukan sendiri. Cukup ikuti langkah tepat dan Anda bisa melakukan reset sesuai kebutuhan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -