Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Sholat Sambil Duduk, Perhatikan Posisinya Supaya Tetap Khusyuk!

Cara Sholat Sambil Duduk, Perhatikan Posisinya Supaya Tetap Khusyuk!

Cara sholat sambil duduk, ternyata pernyataan akan hal tersebut masih mengundang perhatian dan pertanyaan. Tanpa disadari, ternyata Islam benar-benar agama yang sempurna.

Memilih untuk beragama Islam, berarti kita juga siap untuk diatur. Benar ataupun tidak, akan tetapi hal tersebut merupakan suatu kenyataan.

Dari kita lahir sampai meninggal, Islam mengatur kehidupan manusia. Bukan aturan yang memberatkan. Melainkan aturan yang menjadi penyebab kita menjadi penghuni surga.

Tetapi, terkadang kita masih salah dalam mengartikannya. Menganggap semua aturan justru memberatkan.

Bayangkan saja, Allah dahulu memerintahkan ibadah sholat 55x dalam satu hari. Ketika peristiwa isra Mi’raj, Nabi Muhammad SAW berhasil merayu Allah. Sehingga dalam satu hari hanya 5x saja.

Terlihat memang berat sehari 5x. Terlebih lagi jika kita sedang sakit. Rasanya sangat berat untuk melaksanakan sholat

baca juga: Niat Sholat Tarawih, Bacaan dan Tata Caranya yang Benar

Cara Salat Sambil Duduk Sesuai dalam Ajaran Islam

Allah tahu, bahwa terkadang kita juga akan merasa berat untuk melaksanakan sholat. Terlebih lagi saat sakit.

Tetapi, sadarkah kita selama ini, bahwa Allah SWT sudah memberikan keringanan?

Sebenarnya sholat itu sendiri juga merupakan kebutuhan diri kita sendiri. Ketika kita sakit, Allah yang memiliki obat penyembuhnya.

Walaupun sakit, bukan berarti kita tidak wajib untuk sholat. Tetapi Allah memberikan keringanan untuk kita tetap melaksanakan sholat, walaupun sembari duduk.

Apakah dengan duduk Allah masih menerimanya? Hal tersebut pastinya juga sudah tidak asing lagi.

Apakah Anda sudah pernah sholat sambil duduk? Penyebabnya apa?

Lalu bagaimana cara sholat sambil duduk yang Anda lakukan? Sudahkah sesuai dengan ajaran Islam?

Tetapi, sebelum membahas mengenai bagaimana tata cara sholat sambil duduk. Ada baiknya, kita ketahui terlebih dahulu bagaimana dalilnya.

Pasalnya tidak afdal jika kita memberikan pernyataan kepada orang lain. Namun saat ditanya bagaimana bunyi dalilnya, malah kita tidak tahu.

Ketahuilah bahwa sholat sambil duduk itu juga merupakan sholat yang sah. Sama seperti sholat dengan keadaan yang normal atau berdiri.

Berdiri, kemudian ruku sujud adalah rukun dalam amalan wajib tersebut. Siapapun yang mampu melakukannya, maka wajib hukumnya untuk melaksanakannya sesuai dengan cara yang sudah Islam ajarkan.

Namun, barangsiapa yang tidak mampu melakukannya sebab sakit atau sudah tua, maka sunnah untuk melakukannya sambil duduk di tanah maupun kursi.

baca juga: Sholat Subuh Kesiangan, Inilah yang Harus Dilakukan

Qs. Al-Baqarah 286

Kemudian arti dari surat Al-Baqarah ayat 286 juga menjadi dalil yang menjadi akan hak tersebut. “Allah tidak membebani kepada seseorang di luar kemampuan atau kesanggupannya…..”

Arti tersebut, juga tidak hanya berlaku dalam Allah menguji keimanan kita. Bukankah Al Quran itu merupakan pedoman? Jadi, untuk semua kehidupan manusia.

Maka, cara salat sambil duduk itu menjadi hal yang diperbolehkan. Atau keringanan bagi mereka yang tidak mampu melakukannya dengan berdiri.

Sebagai hadits riwayat Bukhari, “Saya menderita wasir, kemudian saya bertanya kepada Nabi SAW, mengenai bagaimana sholatnya. Kemudian, ia menjawab berdoalah sembari berdiri, jika tidak bisa melakukanya, sholatlah sambil duduk, jika tidak mampu dengan berbaring.”

Apakah pahala yang didapatkan mereka yang melakukan cara sholat sambil duduk juga sama dengan yang berdiri? Ketahuilah, jika seseorang yang sakit benar-benar berusaha ingin sholat sambil berdiri.

Maka, pahalanya malah akan dua kali lipat dari pahala mereka yang berdiri. Bukan hanya sholat wajib saja, melainkan juga diperbolehkan untuk sholat sunnah.

baca juga: Cara Sholat Jenazah Sesuai Tuntunan Ajaran Islam

Tata Cara Salatnya

Setelah mengetahui mengenai dalil sholat sambil duduk. Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa masih banyak dari kita yang belum begitu paham mengenai bagaimana cara pelaksanaannya.

Mengenai cara pelaksanaannya sangatlah mudah. Posisi duduk sendiri juga beragam.

Ada yang duduk di kursi ada juga yang duduk di tanah. Untuk bacaan salatnya tetap sama dengan bacaan ketika kita berdiri normal.

Sedangkan untuk caranya ketika ruku, kita harus sedikit menunduk sama seperti halnya ketika kita sedang sholat sambil berdiri.

Lalu ketika sujud, caranya juga masih tetap sama sedikit menunduk dengan membaca bacaan sujud. Tidak sama saat sedang sholat normal. Hanya, saja harus menunduk.

Nah, ketika ruku usahakan posisinya juga sesuai dengan syariat Islam. Maksudnya adalah bagian punggung itu lurus.

Sehingga meskipun sambil duduk, sholat tetap khusyuk dan tumakninah. Apabila posisi duduk masih memungkinkan Anda untuk melakukan ruku dan sujud secara normal, justru itu lebih baik.

Apabila duduk di kursi menyebabkan Anda sedikit terhalang untuk melakukan rukun sholat tersebut, pindahlah ke lantai. Jadi, cara sholat sambil duduk juga tidak memberatkan siapapun. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -