Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Setting Microphone Android yang Paling Mudah, Simak Tutorialnya!

Cara Setting Microphone Android yang Paling Mudah, Simak Tutorialnya!

Cara setting microphone Android sebenarnya mudah, sayangnya ada beberapa orang yang justru belum mengetahui bagaimana untuk melakukannya. Bahkan terkadang kita sendiri juga pernah terjebak pada situasi sepele hingga bingung ketika akan mengatasinya.

Sebut saja seperti mic headset yang tidak aktif lagi, saat menemukan hal seperti ini tugas kita adalah harus mengaktifkannya. Sebagian dari kita pasti pernah mengalaminya. Lantas bagaimana cara mengaturnya? Simak cara ini!

Baca Juga: Cara Menggunakan AirDrop di Android, Simak Beberapa Trik Berikut Ini!

Cara Setting Microphone Android dengan Menggunakan Beberapa Langkah

Mic HP atau mikrofon sendiri berfungsi sebagai perekam suara maupun berbicara ketika kita sedang melakukan panggilan telepon. Namun panggilan telepon akan bermasalah jika mic HP Android sudah rusak, seperti suaranya yang sangat kecil.

Ada banyak sekali faktor yang seringkali membuat mic HP menjadi error, entah itu karena faktor hardware maupun software mikrofon itu sendiri. Akan tetapi jika Anda sedang melakukan panggilan telepon dan mic tak berfungsi ketika loudspeaker, maka ada beberapa penyebabnya.

Intinya Anda juga harus mengetahui tentang bagaimana cara setting microphone Android agar tidak membutuhkan bantuan dari orang lain. Mengingat bahwa keberadaan headset juga tak bisa terpisahkan dari kehidupan, entah itu saat menonton film atau mendengarkan musik.

Akan tetapi hal yang cukup menyebalkan adalah saat mic headset Anda tidak menyala sehingga harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Terlebih jika Anda adalah pengguna Android, maka bisa menyimak beberapa trik seperti berikut ini.

Baca Juga: Cara Menambah Font Android Tanpa Aplikasi Agar Tidak Membosankan

Memeriksa Jaringan Internet

Cara setting microphone Android sebenarnya tergolong cukup mudah, Anda bisa memeriksa dahulu jaringan internetnya. Pada dasarnya internet sendiri memang akan sangat mempengaruhi fungsi dari mikrofon headset Anda.

Apabila jaringan internet buruk, maka mikrofon terkadang tidak dapat mengirim suara ke perangkat yang lainnya. Anda hanya cukup memastikan supaya kondisi ini tidak terjadi, misalnya seperti pindah ke tempat lain yang memiliki jaringan stabil.

Mengatur Letak Mikrofon

Kadang kala, masalah yang membuat mic headset sudah tidak berfungsi lagi adalah karena posisinya yang jauh dari mulut pengguna. Terlebih jika mic pada headset Anda tidak mempunyai sensitivitas yang bagus.

Apabila hal ini yang terjadi, maka Anda hanya perlu mengatur bagaimana letaknya saja. Tujuannya adalah supaya tidak terlalu jauh maupun terhalang.

Memeriksa Pengaturan

Cara setting microphone Android bisa juga Anda lakukan dengan cara memeriksa menu pengaturan. Sehingga Anda hanya cukup membuka saja Pengaturan kemudian carilah aplikasi yang ingin Anda aktifkan mikrofonnya.

Selanjutnya klik saja aplikasi itu lalu pilih Microphone dan aktifkan pengaturan mikrofon dengan cara menekan tombol yang tersedia. Anda juga dapat mengecek suaranya melalui aplikasi mikrofon guna melihat apakah cara tersebut berhasil atau tidak.

Merestart HP

Cara yang seringkali orang gunakan saat terdapat masalah pada ponsel mereka adalah dengan melakukan restart. Walaupun terdengar sepele, ternyata trik yang satu ini memang cukup efektif.

Akan tetapi apabila mic headset Anda belum aktif maka Anda bisa melakukan hal lainnya. Seperti tadi, dengan cara memeriksa menu pengaturan di HP Android tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Chrome di Android yang Tidak Terpakai, Ini Langkahnya!

Bagaimana Cara Mengatasi Mikrofon yang Tidak Berfungsi?

Setelah tahu bagaimana cara setting microphone Android, maka Anda juga harus tahu cara mengatasi mikrofon yang tidak berfungsi. Salah satu cara termudahnya adalah dengan membersihkan lubang mikrofon HP Android.

Biasanya letak mic HP ini akan berada pada bagian bawah HP serta memiliki ciri lubang yang cukup kecil. Seringkali ada kotoran pada lubang tersebut yang bisa membuat suara mic menjadi kecil ketika melakukan panggilan telepon.

Sementara itu solusi yang cukup efektif jika sumber penyebab mic tidak berfungsi lagi adalah dengan cara melakukan factory reset. Memang melakukan reset HP ini tak hanya bisa mengatasi masalah tersebut, akan tetapi masalah pada software pada HP tersebut.

Namun sebelum melakukan cara ini, maka pastikan dulu bahwa Anda telah melakukan backup seluruh data yang ada di HP Anda. Hal ini karena factory reset ini akan menghapus seluruh data yang ada di ponsel yang Anda miliki.

Kemudian cara setting microphone Android juga bisa Anda lakukan dengan mudah seperti trik-trik tersebut. Jadi Anda tak perlu bingung dan khawatir saat microphone Android Anda tak berfungsi. (R10/HR-Online)