Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Upgrade Android 13 Beta Paling Mudah dengan Beberapa Tips Ini!

Cara Upgrade Android 13 Beta Paling Mudah dengan Beberapa Tips Ini!

Cara upgrade Android 13 Beta sebenarnya cukup mudah dan salah satu triknya adalah dengan mendaftarkannya dalam Program Android Beta. Mengingat bahwa saat ini Android 13 memang sudah tersedia, akan tetapi dalam versi Beta.

Tampaknya pembaruan kali ini juga tidak akan merombak UI, sebab Android 12 pada tahun lalu telah menghadirkan Material You.

Sementara itu, Android 13 ini juga akan lebih berfokus lagi pada penambahan fitur terbaru seperti keamanan dan privasi.

Baca Juga: Manfaat Upgrade Android Penting Diperhatikan, Simak Lengkapnya!

Cara Upgrade Android 13 Beta yang Paling Mudah, Simak Langkahnya Ini!

Pada saat pembukaan konferensi developer tahunan, Google I/O 2022, akhirnya pihak Google secara resmi mengumumkan Android 13 Beta.

Bahkan perusahaan juga ikut menginformasikan daftar perangkat yang bakalan menerima Android 13 Beta pada tahap awal.

Memang, sebenarnya Android 13 ini sudah ada sejak awal tahun ini, tetapi penggulirannya baru untuk pengembang atau developer saja.

Kemudian sistem operasi tersebut juga digulirkan untuk para pengguna ponsel PIxel buatan Google dalam versi beta pertama.

Bahkan untuk saat ini, sistem operasi tersebut sudah bisa pengguna unduh untuk kemudian mengetahui cara upgrade Android 13 Beta.

Tidak hanya itu saja, para pengguna juga bisa mem-flash-nya pada ponsel cerdas mereka dengan risiko bahwa mereka ingin menguji versi itu.

Hal yang penting untuk mereka lakukan adalah dengan mendaftarkan perangkat Pixel dalam program Android Beta tersebut. Bahkan sebagian besar HP Pixel sudah memenuhi syarat untuk segera pembaruan ke Android 13 Beta itu.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Tinder Android yang Benar dan Mudah, Ini Langkahnya!

Metode Pertama

Cara upgrade Android 13 Beta untuk tips yang pertama apabila Anda mempunyai bootloader, maka harus mem-flash image pabrik pratinjau.

Ini dilakukan melalui file skrip flash-all.sh dalam file yang sudah terunduh, namun konfigurasi default-nya menghapus perangkat sepenuhnya.

Untuk langkah yang pertama Anda bisa mengunduh file .zip gambar pabrik pada perangkat komputer Anda dan verifikasi checksum SHA-256.

Selanjutnya ekstrak file .zip, kemudian salin dan tempelkan ke folder ADB dan fastboot komputer Anda.

Temukan lalu hapus flag-w di fastboot update perintah dan ini akan melalui penghapusan data untuk HP Anda. Apabila sudah kemudian langsung aktifkan USB Debugging di smartphone Anda dengan cara membuka menu Pengaturan.

Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan smartphone Anda ke komputer dan otorisasi koneksi saat prompt muncul di HP. uIni merupakan pertama kalinya Anda akan terhubung dengan instans ABD kompyter itu.

Metode Kedua

Cara upgrade Android 13 Beta untuk trik yang kedua adalah dengan cara melalui pemulihan dan ADB. Untuk bisa menginstal pratinjau pengembang alias Beta, maka Anda harus melakukan sideload paket OTA untuk perangkat Anda melalui ADB.

Untuk tips yang pertama Anda bisa mengunduh file .zip pembaruan di perangkat komputer dan ganti nama file yang lebih sederhana.

Kemudian tempatkan file pada direktori tempat ADB berada pada komputer Anda dan verifikasi checksum SHA-256 dari file yang sudah Anda unduh.

Selanjutnya tinggal aktifkan USB Debugging pada smartphone Anda dengan cara membuka menu Pengaturan pada HP.

Kemudian hubungkan saja smartphone Anda ke komputer dan otorisasi koneksi komputer Anda saat prompt muncul.

Anda akan melihat ada perintah pada layar HP, lalu tekan dan tahan tombol power HP. Terakhir pilih opsi Terapkan Pembaruan dari ADB dan jalankan perintah.

Baca Juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Mudah Anti Ribet

Cara Instal Android 13 di Pixel

Cara upgrade Android 13 Beta di HP Google Pixel juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Pertama-tama Anda bisa masuk ke halaman program Android 13 dan masuk ke akun Google.

Pada halaman Android, Anda langsung melihat opsi “View your eligible devices” pada bagian atas layar. Apabila ponsel sudah memenuhi syarat, maka Anda akan langsung menerima opsi “Opt in” dan tinggal klik saja.

Sekarang Anda akan dimintai untuk memilih program tersebut dan Google akan menampilkan 2 opsi termasuk Android 12 dan 13.

Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuannya, lalu beri centang pada kotak setuju dengan persyaratannya.

Terakhir tinggal ketuk atau pilih opsi Confirm and enroll untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran program Beta 13 itu.

Cara upgrade Android 13 Beta kini sudah Anda ketahui dan ada beberapa ponsel yang sudah bisa melakukannya. Misalnya seperti Lenovo P12 Pro, Asus Zenfone 8, Vivo X80 pro, Oppo Find X5 Pro, hingga Xiaomi 12. (R10/HR-Online)