Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita JabarCegah Stunting, Calon Pengantin di Subang Jabar Dapat Pendampingan

Cegah Stunting, Calon Pengantin di Subang Jabar Dapat Pendampingan

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Para calon pengantin di Subang, Jabar, akan mendapat pendampingan masalah kesehatan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK). Tujuannya untuk mencegah Stunting sejak awal.

Tim Pendamping Keluarga ini terdiri dari Kader Keluarga, Bidan dan Kader PKK. Mereka bertugas memberikan konsultasi hingga pengecekan kesehatan calon pengantin.

Bidan Puskesmas Kalijati Kabupaten Subang Tego Trisnawati mengatakan TKP punya tugas memberikan masukan dan pemahaman kesehatan untuk calon pengantin. Dari sebelum dan sesudah menikah. Sehingga bisa mencegah anak Stunting.

“Tiga bulan sebelum menikah akan ada pemeriksaan kesehatan, cek darah hingga konsultasi. Ketika ada masalah bisa ada waktu untuk perawatan,” ujar Tego usai Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak Serentak, Kamis (12/5/2022).

TPK juga akan memberikan tips dan arahan agar menjaga kesehatan usai menikah dan ketika hamil. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya Stunting.

Sementara itu, Asih, Kader Keluarga Berencana Desa Kaliangsana, mengatakan pihaknya siap memberikan konsultasi kepada calon pengantin di Subang. Dari mulai pemahaman mengenai Stunting hingga dapat memahami untuk menjaga jarak kehamilan.

“Intinya harus sehat, menjaga pola makan dan mengatur jarak kehamilan. Hal ini sangat penting bagi kesehatan semuanya, terutama ketika hamil,” terangnya.

Para kader pendamping siap melakukan koordinasi serta pemantauan kepada pasangan suami istri. Dari mulai sebelum menikah, menjalani rumah tangga hingga memiliki anak. Memantau kebersihan dan kesehatan lingkungan serta internal keluarga untuk menjadi lebih baik.

“Memantau kesehatannya, asupan gizi dan makanannya untuk ibu dan bayi. Sehingga bisa terwujud keluarga yang berkualitas,” jelasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -