Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisCiptakan Desa Tangguh Bencana, Pemdes Ciakar Gandeng BPBD Ciamis

Ciptakan Desa Tangguh Bencana, Pemdes Ciakar Gandeng BPBD Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dalam upaya ciptakan Desa Tangguh Bencana, Pemerintah Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan edukasi pemberdayaan masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Kepala Desa Ciakar, Kamil Hasan mengatakan, edukasi masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana dilakukan oleh BPBD Kabupaten Ciamis. Tempat pelaksanaannya GOR Jaya Santana, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Rabu (25/05/2022).

“Berdasarkan penjelasan dari petugas BPBD Ciamis, kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan kegiatan mengurangi resiko ancaman dan kerentanan. Serta untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapinya,” terang Kamil.

Lebih lanjut ia mengatakan, penanggulangan bencana menjadi kerangka konseptual berbagai elemen yang dapat mengurangi kerentanan. Sekaligus untuk mencegah resiko bencana dan mengurangi dampaknya.

Baca Juga : Penambangan Batu di Desa Ciakar Ciamis Disoal Warga

Edukasi pihaknya berikan kepada perangkat desa dan berbagai unsur masyarakat. Tujuannya untuk menambah wawasan serta meningkatkan SDM dalam penanganan darurat apabila terjadi bencana.

Hal tersebut sebagai upaya ciptakan desa tangguh bencana yang memulainya dari tahap pencegahan, tanggap darurat, rehabilitasi hingga tahap rekonstruksi. 

Karena, masalah penanggulangan dan antisipasi bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata.

“Masyarakat juga memiliki kewajiban, baik memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan dan menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup,” pungkas Kamil. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -