Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Oli Motor Palsu, Jangan Membelinya! Cek Ini Sebelum Terlambat!

Ciri Oli Motor Palsu, Jangan Membelinya! Cek Ini Sebelum Terlambat!

Ciri oli motor palsu penting untuk Anda ketahui, karena jika salah dalam memilih, maka bisa berakibat buruk pada kendaraan kesayangan Anda.

Mengingat bahwa saat ini keberadaan oli palsu juga sudah banyak beredar, termasuk di negara Indonesia sendiri.

Maka dari itu, Anda jangan sampai salah membeli oli tersebut, sebab akan ada banyak dampak buruk yang bisa timbul nantinya. Sehingga Anda harus mengetahui bagaimana ciri-ciri oli sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Baca Juga: Penyebab Oli Motor Bocor, Ketahui Segera Agar Motor Tetap Prima

Ciri Oli Motor Palsu yang Sangat Penting untuk Anda Simak dan Ketahui

Seperti yang kita ketahui, bahwa oli merupakan cairan yang berguna sebagai pelumas pada bagian dalam mesin agar kinerjanya lebih ringan.

Jika semakin enteng kinerjanya, maka akan semakin cepat pula cara kerja pada mesin kendaraan.

Mengingat bahwa setiap jenis mesin sudah pasti akan membutuhkan spesifikasi oli yang bervariasi antara satu sama lainnya.

Pabrikan biasanya juga selalu memberikan rekomendasi oli pada setiap pengguna motor sesuai dengan mesin supaya tidak salah beli.

Sayangnya ada beberapa orang yang sering mengalami penipuan saat mereka membeli oli, sehingga kendaraannya rusak. Bagi Anda yang belum terlanjur, ada baiknya jika mengetahui tentang ciri-ciri oli palsu agar tidak salah membelinya.

Baca Juga: Malas Ganti Oli Motor, Ini Daftar Risiko yang Siap Menanti

Label Terlihat Kusam dan Tidak Ada Hologram

Ciri oli motor palsu yang pertama adalah memiliki label yang terlihat cukup kusam serta tidak mempunyai stiker hologram khusus. Karena biasanya oli palsu seperti ini akan menggunakan botol bekas pakai alias tidak baru.

Berbeda lagi dengan oli asli, biasanya akan ada stiker hologram khusus yang sudah disematkan sendiri oleh pabrikan tersebut.

Jika botol oli tersebut tidak memiliki stiker hologram, sudah pasti bahwa oli tersebut adalah palsu.

Terdapat Kejanggalan pada Bagian Tutup Botol

Saat Anda akan membeli oli, maka langkah berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah cek pada bagian tutup botolnya.

Sebab setiap pabrikan akan membuat kemasan dengan tutup botol sekali pakai saja dan memberi seal guna mengunci tutupnya.

Ciri oli motor palsu seperti ini adalah bagian tutupnya tidak kencang dan bahkan ada yang penyok. Terlebih jika tidak ada seal pada bagian tutup botolnya, kemungkinan besar itu adalah oli palsu.

Baca Juga: Oli Rembes dari Blok Mesin Motor, Cari Tahu Apa Saja Penyebabnya

Warna Oli yang Keruh dan Berbau Gosong

Salah satu ciri-ciri oli yang asli adalah memiliki warna yang bening alias agak kekuning-kuningan. Sedangkan untuk baunya maka akan cenderung lebih harum dan tidak ada bau aneh dari oli tersebut.

Begitu sebaliknya, pada oli palsu biasanya akan berwarna lebih keruh bahkan baunya akan sedikit gosong dan aneh.

Biasanya penjual oli palsu ini akan menggunakan oli bekas yang sudah berwarna keruh bahkan sampai kehitam-hitaman.

Guna membuatnya terlihat lebih bening, biasanya penjual itu akan menyaring oli tersebut lalu di oplos dengan menggunakan zat lain.

Setelah Anda mengetahui beberapa ciri oli motor palsu, ada baiknya lagi jika Anda menghindari dan selalu waspada. Jangan sampai Anda tertipu membeli oli tersebut karena bisa berakibat buruk pada kendaraan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -