Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita BisnisEfek Compounding Dalam Investasi, Definisi, Manfaat & Contohnya

Efek Compounding Dalam Investasi, Definisi, Manfaat & Contohnya

Efek compounding dalam investasi perlu investor ketahui. Ada baiknya untuk mengetahui definisinya terlebih dulu.

Saat ini kegiatan investasi menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Dalam kegiatan ini tentu banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai investor pemula. Ada baiknya untuk tahu strategi dan cara untuk menjalankannya.

Hal ini bertujuan agar kegiatan investasi dapat berjalan sesuai keinginan. Di mana setiap investor menginginkan adanya keuntungan dari investasi tersebut.

Banyaknya istilah dalam dunia investasi terkadang cukup sulit untuk dibedakan. Namun sebagai investor pemula, Anda wajib tahu berbagai istilah dan pengertiannya.

Hal ini bisa membantu menjalankan kegiatan investasi dengan baik. Seperti halnya istilah efek compounding dalam investasi.

Setiap investor tentu menginginkan efek confounding, apalagi bagi investor yang menjalankan investasi jangka panjang. Agar lebih jelas bisa simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Investasi Low Risk, Definisi Hingga Rekomendasi Jenisnya

Definisi Efek Compounding Dalam Investasi

Adanya efek compounding dalam dunia investasi membantu memudahkan investor meraih tujuannya. Efek compounding biasa juga disebut dengan bunga yang berbunga.

Secara jelasnya, investasi akan memberikan hasil yang dapat Anda investasikan kembali pada instrumen yang sama atau berbeda. Tujuannya yaitu mampu menghasilkan keuntungan baru.

Sehingga dapat disimpulkan jika definisi dari efek compounding itu sendiri adalah penambahan nilai investasi dari keuntungan yang didapatkan untuk memperoleh keuntungan lain dengan cara berinvestasi kembali.

Setiap investor banyak yang melakukan hal ini karena memiliki pengaruh yang besar terhadap tujuan keuangan. Dalam hal ini uang bukan menjadi masalah, namun waktu menjadi yang terpenting.

Baca Juga: Peluang Investasi Sektor Perikanan Terbuka Lebar di Tahun 2022

Manfaat Efek Compounding

Selain mengetahui definisi efek compounding dalam investasi, tidak ada salahnya tahu manfaatnya. Masih banyak masyarakat yang enggan untuk melakukan investasi.

Ada banyak alasan yang mempengaruhi terhadap kegiatan ini. Padahal investasi justru bisa membantu perbaikan kebutuhan finansial Anda.

Sayangnya masih banyak anggapan ketika melakukan investasi, Anda membutuhkan modal besar.

Selain itu, risiko yang bisa dihadapi cukup besar. Namun kenyataannya tidak seperti itu, Ada banyak jenis investasi dengan tingkat risiko yang berbeda.

Bahkan uang Rp 100.000 pun sudah bisa Anda gunakan untuk investasi.

Manfaat dari efek compounding tentu mampu menghasilkan banyak sekali keuntungan. Bahkan hanya dengan mengembangkan hasil dari investasi tersebut.

Dengan menjalankan hal ini sejak dini, bisa membantu Anda meraih keuntungan yang besar.

Baca Juga: Investasi Uang Dingin dan Bagaimana Tips Mendapatkannya

Contoh Efek Compounding

Adapun contoh dari efek compounding, misalnya dalam kurun waktu 1 tahun akan memperoleh keuntungan 10% dari jumlah dana sebesar 2 juta.

Dari sini Anda akan memperoleh keuntungan sebesar Rp 200.000. Dari keuntungan tersebut langsung kembali Anda investasikan.

Untuk kurun waktu satu tahun akan mendapatkan uang sebesar Rp 2.200.000.

Dari besarnya investasi tersebut Anda pun sudah memperoleh keuntungan sebesar Rp 220.000 dari efek compounding dalam investasi. (R10/HR-Online)