Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Extra Fan Radiator Mobil Secara Umum, Ketahui Lebih Dulu!

Fungsi Extra Fan Radiator Mobil Secara Umum, Ketahui Lebih Dulu!

Fungsi extra fan radiator mobil untuk membantu proses pendinginan freon dalam kondensor AC. Pada dasarnya extra fan ini berbentuk kipas yang digerakkan oleh dinamo atau motor listrik dengan bantuan sumber tenaga dari listrik. 

Selain itu extra fan umumnya bekerja dengan on off dari kompresor AC mobil. Bahkan bisa berdasarkan temperatur yang ada pada sistem radiator mobil yang sudah di atur melalui sensor yang terpasang. Extra fan adalah kipas tambahan untuk pendukung kipas utama. 

Baca Juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Ketahui Fungsi Extra Fan Radiator Mobil yang Terpasang

Kipas ini berada berdampingan dengan kipas lainnya namun karakternya berbeda dengan tugas masing-masing. Komponen ini hanya berputar saat ada perintah dari sensor yang diletakkan dekat air radiator juga kompresor mobil. 

Seperti yang sudah dijelaskan, kipas radiator memiliki fungsi mendinginkan radiator apabila sensor membaca suhu radiator terlampau panas. Extra fan ini dapat bekerja sesuai fungsinya apabila kompresor AC menyala. Tentunya untuk membantu mendinginkan freon dalam kondensor AC. 

Mungkin timbul pertanyaan mengapa ada yang diletakkan dekat kipas radiator. Karena selama extra fan mobil bekerja, hembusan anginnya ikut membantu mendinginkan radiator dengan melepas panasnya. Fungsi keduanya alat ini dapat membantu tugas fan radiator. 

JIka terjadi kerusakan maka suhu mesin bisa panas secara cepat. Meski secara fungsi tidak langsung mempengaruhi mobil. Namun secara jangka panjang dapat merusak semua bagian mesin. 

Fungsi extra fan radiator mobil ini sering menjadi alat pendingin kondensor AC sehingga mendapatkan pasokan angin tambahan. Sekaligus menjadi kelengkapan standar.

Misalkan besutan Eropa cenderung bersuhu mesin panas. Maka extra fan ini menjadi suatu keharusan. Untuk memperbaikinya maka harus dilihat karena komponen ini memiliki usia pakai. 

Sehingga Anda perlu mengetahui apakah mobil Anda menggunakan extra fan atau tidak. Caranya mudah cukup perhatikan berapa jumlah kipas yang ada di sana apakah 1 atau 2. Ketika Anda melihat kipas pendingin yang tersambung ke poros mesin, hal ini menunjukkan bahwa mobil tersebut tidak memiliki extra fan. 

Baca Juga: AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya

Perhatikan Fungsi Extra Fan Dari Berbagai Segi

Berbeda jika mobil secara default tidak memiliki extra fan namun Anda ingun memasangnya, tentu saja bisa. Umumnya memasangnya variasi maupun original bawaan mobil. Fungsi extra fan ini sangat penting. Sehingga temperatur air radiator tidak terlalu panas dan dapat menyebabkan mesin overheat. 

Kecuali terdapat masalah pada sensor temperatur airnya. Jika sensor temperatur bermasalah dan tidak mengirimkan perintah sinyal, maka extra fan tersebut tidak dapat berfungsi secara baik alias mati.

Selain itu motor extra fan juga harus dalam keadaan baik. Kipas pendingin radiator cara kerjanya sesuai motor listrik sebagai arus listrik masuk. Bagian motor extra fan memiliki karbon brush yang bergesek dengan komutator.

Hal ini bisa rusak karena usia pemakaian extra fan itu sendiri. Sehingga Anda perlu mengeceknya supaya fungsi extra fan radiator mobil tersebut dapat bekerja maksimal. (R10/HR-Online)

- Advertisment -