Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Koil Pengapian Mobil Membantu Mengubah Tegangan Listrik

Fungsi Koil Pengapian Mobil Membantu Mengubah Tegangan Listrik

Fungsi koil pengapian mobil cukup banyak. Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu mengetahuinya.

Sehingga dapat memfungsikan komponen dengan tepat. Seperti yang sudah banyak orang tahu jika komponen mobil cukup banyak.

Semua memiliki peran masing-masing. Sehingga pemilik kendaraan harus bisa merawatnya dengan cara melakukan servis secara berkala.

Sebab, setiap komponen juga memiliki masa pakai yang tidak sama.

Apalagi gangguan yang terjadi pada mobil bisa terjadi kapan saja. Untuk bisa mengurangi risiko timbulnya masalah, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara tepat.

Seperti halnya melakukan pengecekan sebelum mobil digunakan untuk melaju perjalanan jauh. Jika mobil tidak dilakukan pengecekan, bisa saja timbul masalah.

Masalah bisa muncul ketika Anda terburu-buru hendak menggunakan mobil tersebut.

Jika Anda tidak tahu tentang dunia otomotif, bisa cek dan melakukannya di bengkel terbaik. Sehingga tidak akan terlambat menangani jika masalah terjadi.

Seperti halnya koil pada mobil. Komponen ini memiliki peran yang cukup penting.

Fungsi koil pengapian mobil sebaiknya Anda tahu. Sehingga dapat mengatasi jika kondisinya bermasalah.

Baca Juga: Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil, Simak Dua Langkah Mudah Ini!

Mengenal Beberapa Fungsi Koil Pengapian Mobil

Koil menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting pada mobil. Koil menjadi sistem pengapian mobil yang mampu meningkatkan tegangan listrik ke busi.

Selanjutnya busi akan berfungsi untuk membakar campuran dari bahan bakar dan juga udara yang ada dalam mesin. Dengan adanya hal ini, maka menjadi benang merah yang juga melandasi pemahaman tentang cara kerja pengapian koil pada mobil.

Sebenarnya komponen yang satu ini menjadi sistem pengapian pada sebuah kendaraan secara sederhana. Kondisi normalnya tegangan listrik hanya 12V dan diubah menjadi ribuan volt melalui koil.

Untuk bisa menciptakan lompatan bunga api pada celah besi. Tegangan yang ada tentu berbeda-beda untuk setiap jenis kendaraan. Semua tergantung dari banyaknya parameter.

Bahkan tergantung juga dengan tegangan tinggi yang koil hasilkan. Fungsi koil pengapian mobil yang satu ini meliputi:

Baca Juga: Cara Melenturkan Karet Kaca Mobil Agar Terjaga Elastisitasnya

Sebagai Pengatur Api

Salah satu fungsi koil pengapian mobil yaitu sebagai pengatur api. Koil berperan untuk mengubah tekanan listrik dari 12 volt menjadi 10.000 volt.

Angka yang cukup tinggi ini membuat sistem mobil teraliri listrik.

Bahkan adanya proses tersebut, mesin mobil dapat hidup dan Anda kendalikan. Selain itu, peran dari koil mobil yaitu mengatur pengapian dalam ruang bakar.

Tujuan dari pengapin itu sendiri yaitu untuk menghindari besar api agar volume tidak semakin tinggi. Bahkan tidak pula semakin rendah atau stabil.

Apalagi menyalakan mobil membutuhkan sistem pengapian yang baik sesuai standar otomotif.

Besarnya peran dari koil membuat Anda harus menjaga kondisinya.

Jika sampai koil bermasalah, segera untuk mengatasinya. Sebab kondisinya yang bermasalah akan berakibat fatal.

Mengubah Tegangan Rendah Listrik

Fungsi koil pengapian mobil yang lain yaitu mengubah tegangan rendah listrik. Sebenarnya di dalam mobil ada sistem pengapian yang berperan untuk membuat kendaraan menyala.

Tanpa adanya sistem pengapian, mobil tidak bisa nyala.

Tidak hanya itu saja, pada bagian mobil juga terdapat daya listrik yang memiliki peran khusus. Di sinilah mengapa koil dibutuhkan.

Komponen tersebut mampu mengubah energi listrik rendah sesuai dengan yang mobil butuhkan. Dengan bantuan koil akhirnya mobil bisa mendapatkan daya yang kuat untuk menyala.

Meneruskan Proses Pembakaran

Selain beberapa fungsi, koil pengapian mobil juga berperan untuk meneruskan proses pembakaran. Dengan berubahnya tegangan rendah ke tinggi membuat mesin dapat menyala.

Pengapian akan berlanjut ke busi melalui tegangan tinggi.

Sistem kinerja busi bisa naik dengan bantuan aki yang terus menuju ke bagian busi. Sehingga mampu menghasilkan percikan bunga api pada ruang bahan bakar.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Speedometer Digital Mobil, Ketahui Penyebabnya Dulu!

Memunculkan Percikan Bunga Api

Mobil membutuhkan percikan bunga api saat mulai menyala. Dengan adanya koil kebutuhan tersebut akan terpenuhi.

Koil dapat memunculkan percikan bunga api dari tegangan rendah yang berubah lebih tinggi.

Koil mampu bekerja sendiri untuk bisa menghasilkan bunga api. Busi juga ikut berperan karena berkesinambungan dengan koil.

Dalam dunia otomotif banyak hal yang bisa Anda pelajari. Seperti halnya mengetahui fungsi koil pengapian mobil yang memiliki cukup banyak peran pada sistem kelistrikan dan membantu mobil nyala saat mesin hidup. (R10/HR-Online)

- Advertisment -