Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Link Stabilizer Avanza Mampu Menjaga Kestabilan Ban Mobil

Fungsi Link Stabilizer Avanza Mampu Menjaga Kestabilan Ban Mobil

Fungsi link stabilizer Avanza mampu menjaga keseimbangan kendaraan. Sebagai pemilik mobil Anda perlu tahu agar dapat menggunakannya secara tepat.

Apalagi jika komponen tersebut mengalami masalah, Anda pun bisa segera mengatasinya. Setiap tipe mobil apa saja tentu memiliki komponen yang namanya stabilizer link.

Sebenarnya, mobil hadir dengan berbagai komponen penyerta yang membantu kinerja mobil agar dapat berfungsi dengan baik. Seperti halnya mobil merek Avanza yang memiliki berbagai komponen dengan fungsi berbeda.

Bahkan hadir dengan berbagai fitur menarik serta perlengkapan yang mumpuni. Banyak alasan masyarakat mengapa mobil Avanza menjadi paling banyak diminati.

Sebagai pemilik mobil, ada baiknya jika Anda mengenal apa saja komponen yang berpengaruh penting terhadap kinerja mobil. Seperti halnya fungsi link stabilizer Avanza yang memiliki peran cukup penting.

Baca Juga: Ciri-Ciri Mobil Harus Balancing Agar Kondisinya Tetap Prima, Simak Ini!

Link stabilizer adalah salah satu dari sekian banyaknya komponen mobil. Komponen tersebut berada pada bagian kaki mobil yang memiliki peran cukup penting.

Karena fungsinya yang vital, ada baiknya jika pemilik mobil melakukan perawatan secara tepat. Dengan perawatan yang baik, komponen akan berfungsi secara optimal.

Jika mobil tidak memiliki stabilizer, membuat laju kendaraan menjadi terganggu. Sehingga mengurangi rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Bentuk dari link stabilizer yaitu berupa batang besi panjang yang berada di bawah kendaraan. Jenis besinya yaitu logam yang kokoh dan tahan terhadap puntiran.

Setiap ujung komponen terhubung dengan suspensi mobil bagian kanan dan kiri.

Karena sifatnya yang kokoh membuat komponen rusak risikonya kecil. Kemungkinan akan rusak jika terjadi kecelakaan.

Komponen yang rusak buka pada batangnya, namun karet bushing yang berperan sebagai penyangga. Agar kerusakan tidak terjadi, sebaiknya berikan perawatan secara tepat dan berkala.

Hal ini bertujuan agar komponen mampu berfungsi secara optimal. Berikut ini ada beberapa fungsi dari link stabilizer yang bisa Anda ketahui antara lain:

Baca Juga: Suara Gemuruh pada Kaki-Kaki Mobil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meningkatkan Daya Cengkram Ban Mobil

Salah satu fungsi link stabilizer Avanza yaitu mampu meningkatkan daya cengkram ban. Seperti yang sudah banyak diketahui jika ban adalah salah satu komponen penting pada mobil.

Perannya yang bersentuhan langsung dengan kondisi jalan harus tetap terjaga. Adanya kembangan pada ban juga memiliki peran yang penting.

Adanya kembangan tersebut mampu membuat kondisinya tidak licin saat melaju. Bahkan mampu meningkatkan daya cengkram dengan baik.

Bahkan adanya link stabilizer membuat daya cengkram juga ikut kuat. Sehingga saat melaju pada jalan beraspal yang licin tidak akan tergelincir.

Membantu Kestabilan Mobil Dalam Kondisi Apapun

Kestabilan mobil menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam kondisi apapun. Baik mobil berjalan pada area jalan lurus maupun berkelok.

Mobil dapat stabil tidak hanya tergantung pada komponen spooring dan balancing saja. Namun fungsi link stabilizer Avanza juga membantu kendaran lebih stabil saat berkendara di berbagai kondisi jalan apapun.

Membantu Suspensi Meredam Guncangan

Kendaraan yang stabil yaitu tidak adanya guncangan terasa saat berkendara. Terbebasnya guncangan berkendara melalui medan yang buruk terkadang membuat ban kesulitan untuk melakukan manuver.

Bahkan bantingan mobil akan membuat rasa kurang nyaman saat berkendara.

Saat kendaraan akan melalui area jalan berkelok akan terasa limbung. Untuk itu, fungsi link stabilizer Avanza akan bisa Anda manfaatkan.

Sehingga suspensi akan lebih meredam guncangan saat berkelok maupun pada area jalan yang buruk sekalipun.

Baca Juga: Aki Mobil Sering Drop, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Mengurangi Efek Limbung

Seperti penjelasan sebelumnya, jika link stabilizer berperan cukup penting. Jika komponen tersebut tidak ada pada mobil Avanza, maka kemungkinan besar kendaraan akan terasa limbung saat melaju.

Hal ini akan membuat ketidaknyamanan dalam berkendara. Namun jika ada link stabilizer maka kondisi limbung akan berkurang.

Ketidaknyamanan dalam berkendara tentu akan berpengaruh terhadap keselamatan selama berada di perjalanan. Apalagi jika mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

Ada baiknya untuk selalu cek komponen termasuk mengaktifkan link stabilizer.

Hal ini membuktikan jika fungsi link stabilizer Avanza cukup penting. Bahkan mampu mengurangi kemiringan mobil saat berada di area berkelok sekalipun. Sehingga perjalanan akan jauh lebih aman dan nyaman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -