Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruGangguan Pada Kepala Silinder Sepeda Motor, Baiknya Kenali Sejak Awal

Gangguan Pada Kepala Silinder Sepeda Motor, Baiknya Kenali Sejak Awal

Gangguan pada kepala silinder sepeda motor bisa terjadi setiap saat. Ada baiknya jika Anda mengetahui gangguan tersebut sejak awal. Sehingga Anda akan jauh lebih mudah mengatasi gangguan tersebut.

Setiap kendaraan bisa mengalami berbagai masalah. Hal ini terjadi pada semua komponen sepeda motor. Untuk mengatasi adanya hal ini tentu Anda perlu melakukan perawatan secara rutin.

Guna menjaga komponen mampu bekerja secara maksimal. Salah satu yang bisa terjadi yaitu pada kepala silinder. Gangguan yang terjadi pada komponen tersebut biasanya terjadi akibat faktor komponen yang sudah aus atau perlu diganti.

Masalah pada katup kepala silinder menjadi faktor yang sering terjadi. Gangguan tersebut akan menimbulkan kerusakan pada ulir busi bagian kepala silinder.

Akibatnya busi menjadi mudah rusak. Hal ini juga dipengaruhi karena penggantian busi yang bukan standar. Sebaiknya saat mengganti komponen sepeda motor, Anda mencari yang standar dan ori.

Sehingga tidak akan mudah rusak atau mengganggu komponen lainnya yang tidak bekerja secara optimal. Masih banyak masalah yang bisa terjadi jika Anda kurang melakukan perawatan pada sepeda motor.

Baca Juga: Cara Perawatan Rem Tromol Sepeda Motor Agar Fungsinya Maksimal

Beberapa Gangguan Pada Kepala Silinder Sepeda Motor

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup populer dan banyak dijadikan pilihan. Selain mudah penggunaannya, perawatannya pun juga tidak rumit.

Sehingga bisa membantu Anda melakukan aktivitas saat keluar rumah. Melakukan perawatan pada sepeda motor juga menjadi salah satu cara untuk membuat kendaraan lebih aman dan nyaman.

Namun untuk setiap perawatan komponen sepeda motor tidak sama. Masing-masing memiliki cara perawatan yang berbeda. Bahkan komponen tersebut juga memiliki masa pemakaian yang tidak sama.

Untuk itu, penting bagi Anda dalam merawat dan melakukan service secara berkala. Salah satu komponen yang cukup penting yaitu bagian kepala silinder.

Sebaiknya Anda paham bagaimana cara merawat dan mengetahui beberapa gejala yang bisa terjadi. Berikut ini ada beberapa gangguan yang bisa terjadi pada kepala silinder.

Baca Juga: Ciri Kruk As Motor Rusak Terdengar dari Suara Hingga Getaran Mesinnya

Mesin Cepat Panas

Salah satu gangguan pada kepala silinder sepeda motor yaitu mesin akan terasa panas. Tekanan kompresi yang terlalu tinggi bisa karena adanya endapan dan kotoran kerak karbon yang melekat pada kepala katup.

Ruang bakar dan ujung piston juga biasanya ikut terkena endapan atau kerak. Cara untuk mengatasi gangguan tersebut yaitu dengan membersihkan kerak karbon bagian katup dan yang lainnya dengan cara disemprot carbon cleaner.

Mesin Berisik

Ada gangguan pada kepala silinder sepeda motor yang lain dan bisa terjadi kapan saja yaitu mesin terdengar berisik. Kondisi ini bisa terjadi akibat penyetelan katup tidak tepat.

Katup mengalami macet dan pegas katup patah. Poros yang berhubungan mengalami keausan atau rusak, pelatuk dan poros juga mengalami keausan.

Serta masih banyak komponen lain yang ada pada kepala silinder yang bisa menandakan adanya gangguan pada bagian kepala silinder. Untuk itu, selalu cek setiap komponen sepeda motor agar dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Kerja ACG Starter Pada Motor Matik Mengurangi Adanya Hentakan

Knalpot Banyak Keluar Asap

Keluarnya banyak asap dari knalpot juga mempengaruhi kinerja sepeda motor kurang optimal. Bahkan bisa menjadi gangguan pada kepala silinder sepeda motor yang sedang terjadi.

Knalpot berasap ini bisa karena batang katup dan perapatnya aus atau mengalami kerusakan. Namun jika putaran stasioner mesin terasa kasar hal ini terjadi akibat tekanan kompresi dalam blok silinder lemah dan sistem bahan bakar tidak bekerja dengan baik.

Mesin Susah Hidup dan Tenaganya Melemah

Banyak hal yang bisa terjadi pada sepeda motor akibat kurangnya perawatan. Tentu ini akan mengakibatkan komponen tidak bekerja secara optimal.

Salah satunya pada kepala silinder yang memiliki banyak fungsi. Komponen tersebut juga bisa mengalami kerusakan salah satunya mesin akan susah hidup karena melemah.

Hal ini bisa terjadi akibat katup yang terlalu rapat, cincin piston aus atau adanya kebocoran kompresi pada bagian cincin. Apalagi jika kepala katup terbakar akan mengakibatkan timbulnya kebocoran.

Jika blok silinder mengalami kebocoran juga mengakibatkan tekanan kompresi lemah. Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu apa saja gangguan pada kepala silinder sepeda motor yang bisa terjadi agar bisa melakukan penanganan dengan cepat dan tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -