Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Kolesterol Tinggi pada Wanita Beragam, Jangan Anggap Sepele!

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita Beragam, Jangan Anggap Sepele!

Gejala kolesterol tinggi pada wanita penting untuk dikenali. Sehingga para wanita dapat melakukan antisipasi terhadap penyakit satu ini. Kolesterol merupakan zat yang berupa lemak dan terdapat di dalam sel-sel tubuh.

Kolesterol memiliki fungsi untuk membentuk hormon serta mencerna makanan. Akan tetapi, kandungan kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh justru rentan menyebabkan berbagai penyakit.

Kolesterol tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan plak saat bergabung dengan zat lain yang terdapat di dalam pembuluh darah. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan serta pengerasan pembuluh darah atau yang disebut dengan aterosklerosis. Ini dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Mengenal Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Di bawah ini beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu para wanita waspadai antara lain:

Kesemutan pada Bagian Kaki dan Tangan

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang pertama adalah sering terjadi kesemutan pada bagian kaki dan tangan. Ini terjadi karena adanya gangguan aliran darah akibat adanya kolesterol tinggi sehingga menimbulkan sensasi kesemutan pada kaki dan tangan.

Tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat menyebabkan aliran darah menjadi mengental serta mempengaruhi aliran normal darah pada saraf.

Baca Juga: Pemicu Stroke Usia Muda, Salah Satunya Kolesterol Tinggi

Nyeri pada Dada

Nyeri yang terjadi pada bagian dada juga dapat menjadi gejala kolesterol tinggi baik pada wanita atau pria. Namun terkadang kondisi ini kurang seseorang sadari. Hal ini karena penyebab nyeri pada dada tidak hanya terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi.

Namun juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti asma, masuk angin dan lain sebagainya. Nyeri dada yang terjadi karena kadar kolesterol tinggi ini terjadi karena kolesterol tersebut mengendap di bagian dinding arteri atau aterosklerosis.

Dengan begitu, plak yang mengendap dapat menyebabkan aliran darah melalui arteri menjadi berkurang. Ini akan menimbulkan keluhan, salah satunya adalah rasa nyeri pada bagian dada.

Mudah Lelah dan Mengantuk

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu Anda perhatikan adalah mudah merasakan letih dan tubuh terasa lesu. Ini mungkin salah satu gejala yang sangat umum terjadi karena munculnya plak pada pembuluh darah dapat menghambat aliran darah ke sel serta jaringan tubuh lain.

Selain itu, seringnya menguap dapat terjadi karena pasokan oksigen ke otak berkurang. Jika frekuensi menguap sudah tidak wajar, maka Anda patut untuk lebih waspada. Hal ini mungkin bisa jadi karena adanya penumpukkan kolesterol yang cukup tinggi sehingga pasokan oksigen yang menuju otak tidak dapat optimal.

Baca Juga: Herbal untuk Penyakit Kolesterol, Ini Rekomendasinya yang Terbaik!

Munculnya Xanthoma

Xanthoma merupakan endapan kolesterol yang terjadi pada di bawah jaringan kulit.  Dengan demikian timbulnya Xanthoma dapat ditandai dengan pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah kulit atau organ dalam tubuh.

Gejala kolesterol tinggi pada wanita lainnya adalah adanya rasa kaku pada bagian tengkuk atau leher. Efek tingginya kolesterol jahat pada wanita, terutama bagi mereka yang telah memasuki usia menopause dapat menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya para wanita tetap waspada dengan tetap menjaga pola hidup yang lebih sehat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -