Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita BanjarHarga Bahan Pangan di Pasar Banjar Usai Lebaran Berangsur Turun

Harga Bahan Pangan di Pasar Banjar Usai Lebaran Berangsur Turun

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Seminggu usai Idul Fitri 1443 H, harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional Kota Banjar, Jawa Barat, terpantau berangsur mulai turun. Bahkan, sederet bahan pokok tersebut sudah kembali ke harga normal.

Seorang pedagang aneka kebutuhan pokok, Wahyu menuturkan, untuk harga cabai rawit merah berangsur turun dari 80 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Sementara cabai merah jumbo masih kisaran harga Rp 70 ribu per kilogram.

Baca Juga : Puncak Arus Balik, Ratusan Penumpang Berangkat dari Stasiun Banjar

Sementara untuk harga sayuran seperti kentang per kilogram, ia menyebutkan, saat ini Rp 15 ribu per kilogram. Sayuran tomat dan wortel Rp 12 ribu per kilogram, dan harga bawang daun Rp 12 ribu per kilogram.

“Harga sayur-sayuran naik turun juga dikit. Nggak banyak. Paling cabai-cabaian yang masih agak tinggi,” ujar Wahyu kepada HR Online, Senin (9/5/2022). 

Harga Bahan Pangan Cabai di Pasar Banjar

Sementara untuk harga cabai-cabaian terutama cabai keriting merah masih tinggi. Ia wahyu menuturkan, bahwa untuk bahan pokok yang satu ini harganya masih menyentuh kisaran harga Rp 70 ribu per kilogram.

“Saat ini untuk harga cabai merah keriting naik dari Rp 50 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram,” tuturnya.

Menurutnya, masih tingginya harga bahan pangan cabai-cabaian tersebut, terjadi karena keterlambatan pasokan barang akibat banyak penyuplai yang masih menikmati suasana libur lebaran.

“Harga cabai masih naik turun. Banyak yang masih liburan kayaknya. Jadi pasokan barangnya juga agak telat,” kata

Harga Daging Ayam Turun 

Pedagang daging ayam, Uri menambahkan, tak hanya sayuran-sayuran yang mulai stabil. Harga daging ayam sejak dua hari ini juga mulai turun, dari sebelumnya saat lebaran Rp 45-50 ribu per kilogram menjadi Rp 38 ribu per kilo gram.

Harga daging dan bahan pangan menurun, karena menurutnya banyak masyarakat yang sudah mulai kembali ke kota. Sehingga turut mempengaruhi situasi pasar setelah masa libur lebaran.

“Waktu menjelang lebaran sampai H+5 itu masih ramai. Tapi dua hari ini sudah mulai sepi. Harga daging juga turun sekarang Rp 38 ribu per kilogram,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)