Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruHonda Tapas 100, Motor Gaya Retro Sepupu Scoopy Harga Rp 17 Jutaan

Honda Tapas 100, Motor Gaya Retro Sepupu Scoopy Harga Rp 17 Jutaan

Honda Tapas 100 rilis untuk meramaikan segmen skutik bergaya retro di pasar otomotif. Kemunculan motor ini cukup menjawab permintaan para konsumen yang tengah tergila-gila dengan kendaraan skutik retro.

Tapas 100 memiliki desain yang cukup familiar seperti Scoopy. Hal itu juga yang membuatnya mendapat julukan sebagai ‘saudara Scoopy’. Motor ini membawa gaya retro modern untuk commuter ringan.

Baca Juga: Motor Honda 150 CC dari Matic sampai Sporty, Ini Daftarnya

Sepupu Scoopy Terbaru, Honda Tapas 100

Sejauh ini, Honda sudah memiliki berbagai jenis motor matic yang beredar di pasar. Honda memiliki skutik bergaya retro modern andalan, yakni Scoopy.

Ternyata, Honda ingin mengulangi kesuksesan Scoopy. Di tahun 2022 ini Honda kembali merilis model terbaru untuk Tapas 100 tepatnya di Negeri Tirai Bambu atau China.

Motor yang juga memiliki julukan sebagai ‘Saudaranya Scoopy’ hadir di hadapan publik dengan tampilan kekinian tetapi masih mempertahankan kesan retro di dalamnya.

Dari segi desain, Tapas 100 memiliki model simpel dengan gaya retro modern yang mengingatkannya dengan Honda Scoopy. Meski begitu, bagian stang Tapas 100 lebih terlihat seperti Honda Beat.

Meski kelihatan sedikit aneh, ternyata ini membuat wajah Tapas 100 menjadi lebih menarik. Sebagai skutik bergaya retro, Tapas 100 memiliki lampu depan yang membulat, tetapi berbentuk lebih oval.

Dengan lampu sein di samping kiri dan kanan headlamp, desain ini menciptakan perpaduan fascia yang unik. Terlebih, desain jok Tapas 100 yang sangat nyaman untuk berkendara di perkotaan.

Baca Juga: Honda Scoopy Generasi Ke-5 Hadir dengan Berbagai Pembaruan Menarik

Skutik Retro yang Ringan

Tapas 100 termasuk ke dalam jenis skutik kecil dari Honda. Bobot dari motor ini hanya sekitar 95 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter.

Konsumsi bahan bakar Tapas 100 cukup irit, yakni 2,3 liter untuk menempuh jarak hingga 100 km.

Mesin yang Honda Tapas 100 gunakan bertenaga 102 cc, 1 silinder, dan menggunakan sistem pendingin udara. Dengan rasio 9,5 : 1, motor ini dapat menghasilkan 7,1 tk pada 7.500 rpm dan juga torsi 7,4 Nm pada 6.000 rpm.

Adapun kecepatan ketinggiannya yang Honda klaim untuk motor ini adalah 80 km per jam. Hal ini membuat Tapas 100 tidak dapat bergerak terlalu kencang.

Akan tetapi, hal itu memang wajar mengingat Tapas 100 tidak dirancang sebagai motor bertenaga besar. Motor Honda ini hanya untuk berkendara santai di jalan perkotaan.

Meski bergaya retro, Tapas 100 sudah memiliki fitur cukup modern di dalamnya, seperti lampu LED, USB charging socket, hingga bagasi di bawah jok yang memiliki ukuran cukup besar.

Sayangnya, rem pada roda belakang Tapas 100 belum dilengkapi dengan cakram, tetapi untuk rem depannya sudah. Setidaknya, hal itu memberikan sistem pengereman yang cukup baik untuk ukuran motor matik bermesin seperti Tapas 100.

Baca Juga: Honda Scoopy-i Terbaru, Hadir dengan 3 Tipe dan Varian Warna Menarik

Baru Tersedia di China

Meski menarik, sayangnya Honda Tapas 100 hanya tersedia di Negeri Tirai Bambu China saja. Harga untuk motor ini juga lebih murah dari Scoopy, yakni 8.280 yuan atau setara Rp 17 jutaan dengan pilihan warna putih, hitam, biru, dan merah. (R10/HR-Online)