Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruHukum Puasa Syawal di Hari Jumat, Begini Agama Islam Menjelaskan

Hukum Puasa Syawal di Hari Jumat, Begini Agama Islam Menjelaskan

Hukum puasa Syawal di hari Jumat? Bagaimana Islam menjelaskan akan hal tersebut?

Apakah hukumnya, halal atau tidak boleh? Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya bulan Syawal menjadi salah satu bulan istimewa dalam agama Islam.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya umat muslim yang berlomba-lomba untuk menyambut datangnya bulan tersebut.

Datangnya bulan Syawal juga menjadi pertanda bahwa Ramadan telah selesai. Sebab itulah setiap tanggal 1 syawal diperingati sebagai hari raya Idul Fitri atau hari raya kemenangan setelah 29 ataupun 30 hari menjalankan puasa wajib.

Terdapat banyak keistimewaan atau keutamaan yang dimiliki oleh bulan Syawal. Faktanya juga, Banyak umat Islam yang berlomba-lomba untuk melakukan ibadah puasa pada bulan tersebut.

Sebagaimana Islam menjelaskan bahwa hukum puasa Syawal itu sendiri adalah sunnah. Kendati demikian di dalamnya terdapat keutamaan yang tidak bisa ditemukan dalam ibadah sunnah lainnya.

Asalkan kita tidak melaksanakan ibadah puasa sunnah tersebut tepat pada tanggal satu Syawal. Karena apa?

baca juga: Tata Cara Puasa Syawal, Hukum dan Keutamaannya

Hukum Puasa Syawal di Hari Jumat, Bagaimana?

Karena tepat pada tanggal 1 syawal itu merupakan hari Tasyrik. Hari di mana hukumnya tidak boleh atau haram untuk kita melaksanakan ibadah puasa.

Apabila Anda ingin menjalankan ibadah sunnah tersebut, maka lakukan setelah tanggal 1 Syawal. Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa puasa Syawal itu adalah 6 hari.

Kemudian boleh melakukan kapanpun kecuali tidak pada tanggal 1. Baginda Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa siapapun yang melaksanakan ibadah sunnah tersebut sama seperti halnya dia melakukan puasa setahun penuh.

Itulah salah satu keutamaan yang akan kita dapatkan apabila kita mampu melaksanakan ibadah sunnah tersebut dengan hati yang ikhlas dan mengharap ridho dari Allah SWT.

Sebagaimana hadits riwayat Muslim menjelaskan, siapa yang melaksanakan puasa Ramadan, kemudian melanjutkannya dengan puasa 6 hari di bulan Syawal, maka sama seperti halnya ia berpuasa setahun penuh.

Baca juga: Keistimewaan Bulan Syawal Meningkatkan Amal Mendatangkan Kebaikan

Hukum Puasa di Hari Jumat

Terkadang, seseorang itu masih bingung bagaimana hukum puasa Syawal di hari Jumat? Seperti yang sudah kita lewati bahwa Tahun 2022 ini satu Syawal bertepatan di hari Senin atau tanggal 2 April Tahun 2022.

Salah satu tradisi yang melekat kuat kehidupan masyarakat Indonesia adalah halal bihalal. Contoh, Anda memanfaatkan waktu Senin sampai dengan Kamis untuk halal bihalal kepada sanak saudara.

Lantas di hari Jumatnya Anda memutuskan untuk menjalankan ibadah sunnah Syawal selama 6 hari. Bagaimana apakah boleh? Padahal dalam agama Islam hari Jumat itu merupakan hari raya besar.

Meskipun masih belum banyak orang yang mengetahui akan hal tersebut. Mereka hanya tahu bahwa hari Jumat itu merupakan hari untuk melaksanakan ibadah salat Jumat.

Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja. Dalam agama Islam juga terdapat larangan untuk memulai puasa hari Jumat tersebut.

Maka dengan demikian itu hukum puasa Syawal di hari Jumat adalah tidak boleh atau kurang afdhol. Seperti halnya hadits Bukhari nomor 1849 dan Muslim nomor 1929 yang artinya adalah, janganlah di antara kamu berpuasa pada hari Jumat kecuali kamu sudah berpuasa di hari sebelumnya maupun sesudahnya.

Hadits tersebut memberikan penjelasan kepada kita, bahwa kita tidak boleh melakukan atau memulai puasa enam hari tersebut di hari Jumat. Akan tetapi, sah-sah saja apabila sebelumnya di hari Kamis Anda sudah memulainya.

Baca juga: Keutamaan Puasa Syawal 6 Hari Bagi Umat Muslim yang Menjalankannya

Keutamaan Puasa 6 Hari

Setelah mengetahui bagaimana hukum puasa Syawal di hari Jumat. Penyebab seseorang mau melakukan amalan tersebut setelah ia mengetahui apa saja keutamaan yang akan ia dapatkan, apabila mampu melaksanakan ibadah tersebut.

Seperti yang sudah kita singgung juga sebelumnya, bahwa terdapat banyak keutamaan apabila mampu melaksanakan ibadah puasa enam hari tersebut.

Pertama adalah mendapatkan pahala seperti halnya puasa selama satu tahun. Dalam waktu 1 tahun terdapat 12 bulan dan banyak hari.

Jika kita melakukan banyak kegiatan kebaikan, kira-kira sudah berapa pahala yang akan kita dapatkan?

Sudah pasti jumlahnya juga tidak terhingga. Apalagi Allah menjanjikan untuk melipatgandakan pahala bagi siapapun yang berpuasa di bulan Syawal.

Bagaimana untuk ibadah puasa Ramadan tahun ini? Apakah Anda juga mempunyai niat untuk melanjutkan puasa 6 hari pada bulan Syawal?

Jika memang Anda sudah niat, maka lakukan hal tersebut dengan hati yang ikhlas dan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Apabila belum ada niat dari dalam diri setelah mengetahui hukum puasa Syawal di hari Jumat, tanamkan dalam hati untuk menyadarkan diri sendiri. (Muhafid/R6/HR-Online)