Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita PangandaranJanji Kapolres Pangandaran ke Pelaku Penangkapan Benih Baby Lobster

Janji Kapolres Pangandaran ke Pelaku Penangkapan Benih Baby Lobster

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kapolres Pangandaran, AKBP Hidayat berjanji bakal menindak tegas siapapun yang menangkap benih Baby Lobster ilegal di perairan laut Pangandaran, Jawa Barat.

Pasalnya, menurut AKBP Hidayat, penangkapan benih tersebut sangat merugikan iklim usaha terutama bidang kelautan dan perikanan.

“Sebab, nantinya akan berdampak kepada masyarakat. Baik itu secara ekonomi maupun kelangsungan hidup perikanan di Pangandaran,” ucapnya di hadapan para pelaku usaha di Bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangandaran, di Aula Mapolres Pangandaran, Rabu (11/05/2022).

“Sudah ada aturan untuk para pelanggaran hukum. Dan tentunya akan kami tindak tegas sesuai regulasi ketentuan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, bahwa silaturahmi dengan pelaku usaha khususnya bidang perikanan dan kelautan sangat penting.

Menurutnya, hal tersebut guna menciptakan suasana yang kondusif yang ada di wilayah Pangandaran.

Sedangkan terkait dengan penangkapan Benih Baby Lobster, ia menuturkan, hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan RI No. 17/2021.

“Dalam Permen tersebut memang boleh menangkap benih Baby Lobster. Akan tetapi, hanya untuk budidaya, dengan syarat dan ketentuan serta perizinan dari pemerintah provinsi. Sedangkan untuk rekomendasinya dari pemerintah kabupaten,” tuturnya.

Sementara untuk wilayah Kabupaten Pangandaran sendiri, larangan penangkapan Baby Lobster tersebut telah dipertegas mengacu kepada Surat Edaran Bupati Pangandaran.

“Benih Baby Lobster ini merupakan mata rantai makanan di laut bagi perikanan. Sehingga, jika benihnya tidak ada, maka ikan pun akan berkurang. Hal itu lantaran tidak adanya makanan untuk ikan lainnya,” pungkasnya. (Enceng/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -