Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita CiamisKartu ATM Tertelan, Saldo Rekening Warga Ciamis Terkuras Habis

Kartu ATM Tertelan, Saldo Rekening Warga Ciamis Terkuras Habis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Gegara kartu ATM tertelan, saldo rekening milik Rukhimat warga Desa/Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terkuras habis.

Rukhimat mengatakan, saat itu ia hendak mengambil uang ke ATM yang ada di Kecamatan Penawangan, pada Kamis sore (26/5/2022). 

Namun, Rukhimat salah memasukan nomor PIN, sehingga kartu ATM tidak bisa keluar atau tertelan di dalam mesin.

“Kedua kartu tersebut merupakan ATM gaji dan sertifikasi,” katanya kepada HR Online, Minggu (29/5/2022).

Kemudian, ia baru mengetahui uang puluhan juta yang dalam rekening terkuras, setelah melaporkan peristiwa tersebut ke pihak BJB Kawali, Kabupaten Ciamis.

Dari puluhan juta rupiah di dua ATM miliknya, saldo yang tersisa hanya Rp 37.000. 

“Selain karena kesalahan memasukkan nomor pin, saya menduga bisa karena terhalangi kaleng yang ada di lubang kartu ATM,” pungkasnya.

Sementara itu, mengutip dari berbagai sumber, bahwa kartu ATM tertelan ke dalam mesin bisa terjadi karena listrik mati. Selain itu lupa menarik kembali kartu ATM, dan juga bisa karena salah memasukkan nomor PIN. 

Sementara terkait dengan musibah yang Rukhimat, sebenarnya uang dalam rekening bisa aman, jika korban tidak memberikan nomor PIN kepada orang lain.

Kemudian, korban juga bisa melaporkan kartu ATM yang tertelan tersebut kepada petugas atau Satpam.

Namun jika tidak ada Satpam, segera hubungi Call Centre Bank terkait, untuk memblokir rekeningnya sementara.

Hal tersebut untuk menjaga kemungkinan adanya modus kejahatan, atau penyalahgunaan ATM yang bisa menguras isi rekening. (Dji/R5/HR-Online/Editor-Adi)