Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Berikan Perlindungan

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Berikan Perlindungan

Keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur ternyata memberikan kita perlindungan. Apakah selama ini anda sudah mengamalkan hal tersebut?

Tanpa kita sadari ternyata membaca ayat kursi sebelum tidur itu juga merupakan sunnah. Apalagi kita paham betul ketika sedang tidur itu kita tidak sadarkan diri.

Bahkan tidak tahu jika roh yang ada dalam diri kita itu meninggalkan rumah atau badan.

Ayat Kursi merupakan salah satu bacaan penting yang harus diamalkan oleh umat muslim. Terdapat banyak manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita membaca salah satu ayat yang terdapat dalam Al Quran, Surat Al Baqarah tersebut.

Tepat sekali, Ayat Kursi itu merupakan salah satu ayat yang terdapat dalam Al Quran, Surat Al Baqarah ayat 255. Dalam agama Islam sendiri Ayat Kursi sebagai jantungnya Al Quran.

Sudahkah Anda menghafalkan ayat yang menjadi jantung Al Quran tersebut? Dalam kegiatan apa saja Anda membaca surat tersebut?

Ketahuilah dalam hadis riwayat Bukhari Nabi SAW bersabda, jika engkau mendatangi tempat tidur pada malam hari bacalah Ayat Kursi. Niscaya Allah akan memberikan penjagaan serta setan tidak akan mendekatimu sampai pada waktu pagi.

baca juga: Keutamaan Salat Witir Setelah Tahajud, Disaksikan Oleh Para Malaikat

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Apa Saja?

Berdasarkan hadits di atas, Ayat Kursi akan melindungi kita dengan cara menjaga, kemudian setan juga tidak akan berani mendekati sampai pada waktu pagi. Bukankah hal tersebut merupakan suatu keuntungan?

Lalu, kenapa sampai saat ini Anda tidak mengamalkannya? Selain menjadi salah satu sunnah yang harus kita baca ketika akan tidur, salah satu ayat dalam surat Al Baqarah ini juga menjadi bacaan dzikir pagi dan petang.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad dalam hadits riwayat Al Hakim yang artinya adalah, siapapun yang membaca ayat kursi ketika pagi maka akan Allah dari gangguan sampai petang. Kemudian Siapa yang membacanya di waktu petang maka Allah akan melindunginya sampai pagi.

Rentetan keutamaan itulah yang menyebabkan Ayat Kursi disebut sebagai jantungnya Al Quran. Jadi bagi Anda yang belum menghafalkan dan belum sadar bahwa ayat ini merupakan bacaan yang sangat penting, hafalkan mulai dari sekarang.

Dalam belajar itu tidak ada kata terlambat. Tapi bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih jelasnya mengenai apa saja keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

baca juga: Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan, Tenang Pahala Berlipat

Melindungi Diri dari Setan

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa keutamaan yang akan kita dapatkan apabila sebelum tidur membaca Ayat Kursi adalah terlindung dari segala godaan setan.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa setan itu tidak akan berhenti menggoda umat muslim atau manusia untuk berbuat maksiat. Padahal kita juga paham betul bahwa Allah menciptakan jin dan manusia itu sebenarnya hanya untuk ibadah kepada Allah.

Bukan tidak mungkin apabila kita termakan godaan setan justru akan memberikan dampak kerugian. Sebagaimana yang sudah kita ketahui sampai sekarang ini juga bahwa Adam dan Hawa sudah termakan godaan setan.

Sehingga mereka dibuang ke bumi sebagai hukumannya. Jadi membaca Ayat Kursi sebelum tidur tersebut juga menjadi benteng untuk melindungi diri kita sendiri.

baca juga: Keutamaan Asmaul Husna, 99 Nama Alloh SWT yang Indah

Mendapatkan Perlindungan dari Malaikat

Kemudian keutamaan membaca Ayat Kursi sebelum tidur yang kedua adalah akan dilindungi oleh malaikat.

Nabi Muhammad SAW telah bersabda, bahwa barang siapa pun yang baca Ayat Kursi ketika beranjak ke tempat tidurnya maka Allah akan mewakilkan dua malaikat untuk menjaga sampai subuh. Terdapat dalam hadits riwayat Ibnu Adh Dharis.

Tidak hanya menjauhkan diri kita sendiri dari godaan setan yang terkutuk saja. Tetapi saking baiknya Allah kepada hambaNya, Allah juga akan mengutus dua malaikat sekaligus untuk menjaga kita saat tidur.

Apabila sebelumnya sudah membaca Quran Surat Al Baqarah ayat 255 tersebut. Dengan demikian itu, ngantuk apapun Anda usahakan untuk tidak lupa atau menskip untuk membaca surat Al Baqarah ayat 255 tersebut.

Mendapat Jaminan Surga

Bukan hanya itu saja keutamaan membaca Ayat Kursi sebelum tidur yang akan kita dapatkan. Karena siapa pun yang mampu mengamalkannya maka Allah akan memberikan jaminan surga serta keamanan untuk rumahnya.

Karena dalam ajaran Islam juga menjelaskan bahwa membaca Ayat Kursi itu tidak akan menjadi penghalang untuk masuk surga kecuali kematian.

Kemudian siapapun yang membacanya ketika ia beranjak menuju ke tempat tidur, Allah akan mengamankan untuk rumahnya ke rumah tetangganya, serta penghuni rumah yang ada di sekitarnya.

Sangat menguntungkan bukan? Jadi bukan hanya setan saja yang tidak bisa mengganggu ataupun masuk ke dalam rumah kita. Bukan tidak mungkin pula apabila Allah akan memberikan perlindungan untuk rumah kita dari segala jenis kejahatan baik dari manusia ataupun jin.

Oleh sebab itu, setelah anda mengetahui beberapa keutamaan membaca Ayat Kursi ini sebelum tidur, bagi Anda yang belum hafal segera menghafal, kemudian jangan takut dan ragu untuk selalu mengamalkannya. (Muhafid/R6/HR-Online)