Jumat, Juli 8, 2022
BerandaBerita BanjarLapuk Dimakan Usia, Dinding Rumah Warga Banjar Ambruk

Lapuk Dimakan Usia, Dinding Rumah Warga Banjar Ambruk

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Diduga lapuk dimakan usia, dinding rumah Nahrowi (65) warga Dusun Warung Buah Rt 23 Rw 011 Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, ambruk pada Minggu (15/5/22) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar Kusnadi mengatakan menurut laporan yang masuk, peristiwa tersebut terjadi pada saat hujan yang terjadi pada Minggu sore.

Pihaknya menduga ambruknya dinding rumah warga Banjar tersebut karena kontruksi bangunan sudah lapuk. Sehingga tidak kuat ketika terjadi hujan deras dan angin kencang.

“Konstruksi bangunan rumah yang sudah lapuk. Kemarin sudah kami lakukan peninjauan ke lokasi,” kata Kusnadi kepada wartawan, Selasa (16/5/22).

Beruntung bagian rumah yang ambruk tersebut tidak roboh ke dalam rumah. Sehingga tidak sampai menimpa pemilik rumah yang saat itu tengah beristirahat.

Saat ini, kata Kusnadi, pemilik rumah tidak mengungsi. BPBD Kota Banjar juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat agar ada upaya bantuan.

“Tidak ada korban jiwa namun kerugian mencapai sekitar Rp 5 juta untuk memperbaiki bagi rumah yang ambruk,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Neglasari Setiaman memastikan pihaknya telah mengajukan bantuan untuk membantu perbaikan rumah warganya tersebut.

Menurutnya, saat ini pemiliknya masih bisa menempati rumah tersebut. Bagian rumah yang lain tidak mengalami kerusakan atau retakan.

“Bagian depan rumahnya saja yang roboh. Kami juga sudah koordinasi untuk bantuan perbaikan,” jelasnya. (Muhlisin/R9/HR-Online/Editor-Dadang)