Jumat, Juli 8, 2022
BerandaBerita CiamisLaunching Kampung Gurame, Wabup Yana: Sejalan dengan Visi Misi Ciamis

Launching Kampung Gurame, Wabup Yana: Sejalan dengan Visi Misi Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, Yana D Putra sangat mengapresiasi launching Kampung Gurame yang berada di Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Menurut Yana, dengan adanya Kampung Gurame ini sudah sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Ciamis yaitu mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal dan tentunya pemberdayaan masyarakat. 

“Adanya kampung gurame ini sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Ciamis,” kata Yana, saat sambutan kegiatan Launching Kampung Gurame, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: DPO Kasus Korupsi, Kejari Ciamis Tangkap Eks Pejabat Aceh

Yana mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya Desa Baregbeg yang telah membentuk Kampung Gurame ini. 

Selain itu, dengan adanya kampung Gurame ini juga merupakan suatu implementasi nyata dari Peraturan Presiden nomor 24 tahun 2022 tentang adanya program ketahanan pangan. 

“Saya mengapresiasi atas terbentuknya Kampung Gurame ini, dan terima kasih kepada Pemdes Baregbeg yang telah membentuk Kampung ini mudah-mudahan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat,” jelasnya.

Yana menambahkan, Kabupaten Ciamis geografisnya adalah agraris murni. Maka dari itu, dalam bidang peternakan dan perikanan sangatlah berpotensi. 

“Gurame jenis Soang memang dulu sangatlah terkenal di Ciamis. Namun, seiring waktu mulai redup lagi. Maka dari itu, kami Pemkab Ciamis mendukung Kampung Gurame ini untuk mengembalikan lagi kejayaan seperti dulu,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Baregbeg Owoy mengatakan, Pemerintah Desa Baregbeg telah menganggarkan dari Dana Desa untuk pemberdayaan 15 kelompok perikanan yang ada di Desa Baregbeg.

“Karena di Dusun Ciwalung ini kebanyakan masyarakatnya adalah pembudidaya ikan Gurame,” katanya.

Owoy menambahkan, dengan adanya Kampung Gurame ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

“Beberapa hari juga sudah ada pesanan dari luar daerah sebanyak 50 ribu ekor ikan anakan ke kelompok perikanan di Desa Baregbeg. Mudah-mudahan dengan adanya Kampung Gurame ini bisa meningkatkan perekonomian warga khususnya di Desa Baregbeg,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)