Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan yang Mencegah Penuaan Dini, Tips Awet Muda Secara Alami!

Makanan yang Mencegah Penuaan Dini, Tips Awet Muda Secara Alami!

Makanan yang mencegah penuaan dini ternyata cukup beragam. Mempunyai tubuh serta wajah yang awet muda tentu menjadi dambaan banyak orang. 

Sebenarnya, tubuh dan wajah awet muda dapat kita capai secara bersamaan. Meskipun selama ini banyak orang yang lebih fokus untuk memiliki wajah awet muda. 

Padahal tubuh pun bisa kita buat “awet muda” layaknya pada wajah. Jika wajah awet muda akan ditandai dengan mulus, kencang, dan bebas kerutan. 

Sedangkan untuk tubuh yang awet muda adalah memiliki tulang kuat, gigi yang utuh, hingga otot yang ideal di usia menuju senja.  Dengan demikian tubuh dan wajah awet muda akan membuat seseorang tampak lebih sehat dan bugar layaknya remaja.

Baca Juga: Artis Korea Awet Muda di Usia 40-an dan Tips Kecantikannya

Daftar Makanan yang Mencegah Penuaan Dini

Proses penuaan tubuh pasti akan terjadi. Hal ini seringkali membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri. Namun Anda tidak perlu khawatir terlihat tua serta keriput, karena terdapat cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap awet muda.

Banyak kalangan yang menginginkan kulit yang tetap kencang, halus, sehat dan tidak keriput meski dalam usia yang tidak muda lagi. Hal ini dapat mereka capai dengan cara selalu menjaga sel-sel tubuh agar terlindung dari paparan radikal bebas dan berbagai efek negatifnya. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Kandungan nutrisi serta antioksidan pada makanan sehat tidak hanya bisa menjaga imunitas dan kesehatan tubuh, akan tetapi juga mampu memberikan manfaat yang baik pada kulit. Bisa membuat kulit terlihat awet muda. Berikut ini ragam makanan yang dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini antara lain:

Baca Juga: Tips Merawat Kulit Wajah Pria Usia 40 Tahun Supaya Awet Muda

Whole Foods (Makanan Utuh)

Berdasarkan dari penelitian, mengkonsumsi makanan utuh dapat menurunkan resiko kerutan serta penuaan dini pada kulit. Contoh dari makanan utuh antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, minyak dengan kandungan lemak sehat, nasi merah, telur, serta yogurt. Ini karena di dalam makanan utuh kaya akan lemak sehat, antioksidan serta fitokimia. 

Ikan

Ikan yang kaya akan kandungan omega 3 juga menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Dengan mengkonsumsi ikan dapat menjaga keremajaan kulit. Hal ini karena ikan juga dapat memperkuat membran-membran sel pada kulit. Kulit pun akan senantiasa lebih lembab dan lembut meskipun dalam usia tidak muda lagi.

Baca Juga: Fungsi Kolagen untuk Tubuh, Atasi Nyeri Sendi dan Bikin Awet Muda

Buah dan Sayuran Berwarna

Buah dan sayur yang memiliki warna terang diakui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Ini dapat membantu dalam mencegah kerusakan sel-sel kulit. Seperti semangka, alpukat, tomat, wortel, blueberry dan sayuran hijau.

Selain itu, buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E juga masuk dalam daftar makanan yang mencegah penuaan dini. Selain memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat adanya radikal bebas, vitamin C juga bermanfaat untuk membentuk kolagen yang mampu membuat kulit lembab dan kenyal. Mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu mencegah terjadinya keriput pada kulit. (R10/HR-Online)