Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruMaster Rem Motor Bocor, Kenali Fungsinya Agar Sistem Tidak Blong

Master Rem Motor Bocor, Kenali Fungsinya Agar Sistem Tidak Blong

Master rem motor bocor bisa berakibat fatal. Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu tahu apa penyebab yang mengakibatkan hal ini terjadi.

Rem menjadi salah satu fitur penting yang ada pada setiap kendaraan.

Jika komponen tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka berakibat fatal. Sistem keselamatan yang satu ini wajib untuk Anda perhatikan.

Anda juga perlu melakukan pengecekan pada semua komponen yang membantu sistem pengereman dapat berfungsi optimal.

Ada banyak kejadian rem blong pada saat kecelakaan yang terjadi. Rem motor yang blong juga dipengaruhi terhadap beberapa faktor.

Jika hal ini sampai terjadi, maka akan membahayakan pengguna dan pengendara lain.

Apalagi jika posisi kendaraan melaju pada area jalan menurun atau ramai lalu lintas. Untuk mengatasi hal ini agar tidak terjadi, sebaiknya Anda melakukan perawatan dan service secara berkala.

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu master rem motor bocor. Kondisi ini bisa berakibat buruk.

Untuk itu, sebaiknya cari tahu penyebab mengapa kondisi ini bisa terjadi. Sehingga risiko buruk yang bisa menimpa Anda akan semakin kecil.

Baca Juga: Cara Mengisi Minyak Rem Motor Sendiri dengan Mudah, Simak!

Fungsi dan Akibat Master Rem Motor Bocor

Rem pada sepeda motor memiliki beberapa jenis komponen penyerta. Sehingga rem dapat berfungsi secara optimal.

Dari sekian banyaknya komponen, master rem adalah salah satunya.

Master rem menjadi komponen yang cukup penting pada sistem tersebut. Jika ada salah satu komponen yang rusak, maka akan menimbulkan hal berbahaya.

Agar Anda bisa mengatasi kondisi yang mengakibatkan master rem rusak, bisa cari tahu fungsinya terlebih dulu. Peran penting master rem akan berpengaruh terhadap keselamatan Anda saat berkendara.

Fungsi dari master rem adalah untuk mengubah gesekan mekanis untuk menjadi tekanan hidrolik. Komponen mampu mengubah gerakan pada pedal menjadi tekanan hidrolik.

Kemampuan yang dimilikinya akibat adanya kerjasama tabung dan piston. Sehingga master rem dapat berfungsi secara optimal.

Saat master rem tidak terawat, maka kebocoran akan terjadi. Padahal jika hal ini terjadi akan berakibat fatal.

Seal master rem bocor bisa terjadi pada sepeda motor yang usianya sudah berumur.

Untuk itu, bagi pemilik sepeda motor ada baiknya melakukan penggantian kurang lebih dalam kurun waktu 2 tahun pemakaian ganti.

Jika sampai master rem bocor, maka akibatnya cukup serius. Salah satunya rem motor menjadi blong.

Masalah ini cukup serius, sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu beberapa komponen sepeda motor dan fungsinya. Dengan cara ini membantu Anda lebih mudah dan cepat mengatasinya.

Baca Juga: Selang Rem Motor, Berikan Perawatan Tepat Agar Berfungsi Optimal

Jenis-Jenis Master Rem

Mengingat sistem pengereman memiliki peranan cukup penting Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala. Saat master rem motor bocor akan mengakibatkan kondisinya menjadi blong.

Untuk itu, selain mengetahui fungsinya, tidak ada salahnya tahu juga jenis-jenisnya.

Apalagi bagi Anda yang gemar melakukan modifikasi. Sebaiknya ganti master rem secara tepat. Berikut ini ada beberapa jenis dari master rem yaitu:

Rem Non Radial

Jenis master rem yang satu ini biasanya untuk tipe motor bebek atau matik. Jika master rem motor bocor semua akan berakibat buruk, bahkan termasuk berbagai jenis master rem.

Rem non radial memiliki tingkat pengereman yang kurang optimal. Hal ini terjadi akibat adanya daya yang terbuang ketika tuas rem tertarik.

Hal ini juga mengakibatkan posisi piston tidak searah. Saat tuas rem tertarik, maka banyak daya yang terbuang.

Baca Juga: Rem Motor Berbunyi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Rem Radial

Jenis master rem selanjutnya yaitu radial. Jenis yang satu ini biasanya ada pada sepeda motor dengan kecepatan tinggi.

Bahkan karena digunakan pada motor tertentu, sparepartnya pun tidak tersedia cukup banyak.

Master rem radial terjadi searah dengan gerak tuas rem. Hal ini akan menimbulkan daya dorong yang secara langsung tersalur oleh piston master rem.

Karena proses yang cukup maksimal, hasil pengereman yang diperoleh pun akan lebih efektif.

Kerusakan pada setiap komponen sepeda motor bisa saja terjadi. Apalagi seiring pemakaian kendaraan. Hal ini mengakibatkan master rem pun bermasalah.

Rem motor blong juga dikarenakan master rem bocor. Jika kondisi ini terjadi pastinya angin tidak dapat tertekan dan mengakibatkan kecepatan motor tidak akan turun. Rem motor akan blong akibat master rem motor bocor. (R10/HR-Online)

- Advertisment -