Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarMelihat Kampung Pancasila Kota Banjar yang Baru Diresmikan

Melihat Kampung Pancasila Kota Banjar yang Baru Diresmikan

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih bersama Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi meresmikan Kampung Pancasila, Senin (30/5/2022). Lokasinya berada di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Tujuan Kampung Pancasila ini untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, terutama untuk para generasi muda. Selain itu juga guna mencegah munculnya paham radikalisme.

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menuturkan saat ini masyarakat banyak tergerus oleh era globalisasi dan perkembangan teknologi.

“Sekarang masyarakat mulai tergerus era globalisasi, teknologi, media sosial, dan radikalisme. Saya ingin dengan kegiatan kali ini bisa berkelanjutan untuk masyarakat Kota Banjar,” kata Ade Uu Sukaesih.

Ade menjelaskan, tujuan Kampung Pancasila Kota Banjar ini supaya masyarakat bisa lebih memahami dan menghayati empat pilar kebangsaan.

“Bahwa persatuan dan kesatuan ini adalah modal utama untuk membangun Indonesia maju. Kita boleh berbeda-beda tapi tetap satu,” jelasnya.

Kemudian, pentingnya saling menghormati antar umat beragama agar bisa hidup rukun dan damai.

“Menghormati agama lain, dan pendapat orang lain supaya hidup ini damai dan tentram,” terangnya.

Ke depan sebanyak 25 desa dan kelurahan Kota Banjar akan segera launching untuk menjadi Kampung Pancasila.

“Insya allah bukan hanya ini saja, dari 25 desa dan Kelurahan akan kita launching sebagai kampung Pancasila,” imbuhnya.

Saat ini, Kampung Pancasila tersebut menjadi tempat latihan prajurit TNI dari Batalyon Armed 5/105 Tarik/PG, untuk persiapan penugasan pengamanan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. (Sandi/R9/HR-Online/Editor: Dadang)