Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruMemperbaiki iPhone Stuck di Logo Apple dengan Mudah, Simak Tipsnya!

Memperbaiki iPhone Stuck di Logo Apple dengan Mudah, Simak Tipsnya!

Memperbaiki iPhone stuck di logo Apple dapat Anda lakukan dengan beberapa cara mudah. Masalah ini dapat terjadi kapan saja terutama setelah adanya pembaharuan sistem bahkan saat melakukan panggilan.

Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu karena Anda tidak dapat melewati layar beranda ponsel.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kamera iPhone Rusak Beserta Cara Mengatasinya, Lakukan Ini!

Cara Memperbaiki iPhone Stuck di Logo Apple

iPhone mengalami stuck di logo Apple sebenarnya bukanlah suatu masalah baru. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Terdapat beberapa masalah teknis yang dapat menyebabkan masalah ini.

Salah satu penyebab utamanya adalah adanya kegagalan sistem operasi ketika proses booting. Pada saat sistem operasi mengalami masalah, maka dapat menyebabkan adanya gangguan booting.

Sehingga ponsel kemungkinan akan berhenti sebelum berhasil mencapai home screen pada titik tertentu. Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah penggunaan pada perangkat keras atau hardware.

Namun kendala seperti ini jarang sekali untuk menemukannya, kecuali pada perangkat iPhone versi lama dan telah digunakan selama bertahun-tahun.

Perangkat iPhone stuck di logo Apple juga dapat terjadi karena adanya masalah dengan jailbreaking ponsel atau adanya masalah saat mentransfer data dari perangkat lama ke perangkat baru.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui solusi dari masalah ini.

Baca Juga: Cara Backup Data iPhone Hingga Restore Data Paling Mudah, Cek!

Force Restart

Mematikan dan menyalakan kembali perangkat iPhone atau dengan kata lain Force Restart merupakan solusi mudah untuk memperbaiki iPhone stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes.

Selain dapat menyelesaikan masalah stuck di logo, restart juga dapat Anda lakukan apabila perangkat iPhone mengalami hang atau crash.

Cara force restart cukup beragam sesuai seri iPhone yang Anda gunakan. Misalnya untuk iPhone 6s dan yang lebih lama, Anda bisa menekan serta menahan tombol power serta home.

Sedangkan pada iPhone 7 dan 7 Plus, silahkan tekan dan tahan tombol power serta volume down.

Apabila Anda menggunakan iPhone 8 dan yang lebih baru, maka force restart dapat Anda lakukan dengan menekan serta menahan tombol volume up, volume down, atau tombol samping.

Recovery Mode untuk iOS iPhone

Untuk dapat memperbaiki iPhone stuck di logo Apple, Anda dapat melakukan Recovery Mode untuk iOS iPhone Anda. Melalui  metode pemulihan ini memungkinkan perangkat untuk terhubung dengan iTunes.

Selain itu juga memulihkan instalasi iOS atau cadangan data ke telepon Anda. Ini merupakan cara yang relatif sederhana untuk memecahkan beberapa masalah yang terjadi pada perangkat iPhone.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Silahkan tekan tombol HOME  dan  POWER secara bersamaan, tahan hingga ponsel mati.
  2. Kemudian siapkan USB untuk terhubung, lalu sambungkan USB di iPhone kemudian aktifkan iTunes.
  3. Langkah berikutnya tekan tombol HOME dan  POWER selama kurang lebih 10 detik. Selanjutnya lepas tombol POWER, tetapi tombol HOME masih ditekan selama 10 detik juga.
    Maka iTunes akan secara otomatis memulihkan perangkat iPhone ke firmware asli.
    Pada saat  proses pemulihan selesai, maka iPhone akan reboot dengan sendirinya. 
  4. Ketika iPhone menyala akan terdapat opsi Back Up, maka Anda dapat memilih opsi ini untuk berjaga-jaga jika data Anda bermasalah.
  5. Proses memperbaiki iPhone Stuck di logo Apple melalui cara ini memakan waktu kurang lebih tiga jam.
  6. Setelah selesai, maka perangkat iPhone secara otomatis akan menjalani proses reboot.
  7. Selanjutnya perangkat iPhone dapat Anda hidupkan kembali.

Baca Juga: Cara Mengatur Durasi Layar iPhone, Maksimalkan Waktu Penggunaan HP

Menggunakan Mode DFU

Solusi lain untuk memperbaiki iPhone stuck di logo Apple adalah dengan menggunakan mode DFU. Cara Default Firmware Update (DFU) merupakan cara paling efektif untuk mengatasi iPhone stuck di logo.

Menghentikan iPhone Anda di tengah proses startup memungkinkan Anda untuk memulihkan iPhone, memuat cadangan, atau memulai dari awal.

Cara ini mirip dengan Mode Pemulihan, akan tetapi lebih fokus dalam penyelesaian jenis masalah tingkat rendah yang dapat menyebabkan iPhone macet di logo Apple.

Anda dapat menggunakan fitur yang dapat terhubung ke iTunes, kemudian pulihkan perangkat agar segar kembali.

Menggunakan Mode DFU untuk memperbaiki iPhone stuck di logo Apple membutuhkan beberapa latihan dan harus dilakukan secara berhati-hati. Pasalnya cara ini memerlukan serangkaian tindakan yang tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -