Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruMinuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih, Segar dan Alami!

Minuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih, Segar dan Alami!

Minuman pencegah dehidrasi selain air putih dapat Anda temukan dalam jenis lain. Di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, cuaca panas memang cukup mengganggu serta menyebabkan rentannya seseorang untuk terserang dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu kondisi pada saat banyaknya cairan tubuh yang hilang dari dalam tubuh.

Saat mengalami dehidrasi, maka seseorang akan merasa sangat haus, mulut terasa kering, hingga konsentrasi pun dapat terganggu dan tubuh merasa lemas.

Oleh karena itu, agar aktivitas tetap dapat berjalan lancar, maka Anda perlu mencegah terjadinya dehidrasi tersebut.

Baca Juga: Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur, Dehidrasi Hingga Stress

Daftar Minuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis minuman yang dapat Anda manfaatkan untuk mencegah dehidrasi pada tubuh antara lain:

Infused Water

Infused Water adalah salah satu pilihan terbaik untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Minuman ini dibuat dari campuran air mineral bersama dengan potongan buah atau rempah-rempah.

Sebelum Anda minum, campuran tersebut biasanya didiamkan terlebih dahulu selama semalaman penuh di dalam lemari pendingin.

Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan ekstrak dari buah ataupun rempah-rempah yang Anda gunakan. Selain sebagai pencegah dehidrasi, minuman ini juga bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dari adanya racun.

Baca Juga: Tanda Dehidrasi pada Anak, Kenali Sebelum Terlambat

Air Kelapa

Jenis minuman pencegah dehidrasi selanjutnya adalah air kelapa.

Di dalam air kelapa mengandung elektrolit alami termasuk natrium dan kalium. Ini merupakan nutrisi utama dalam mengisi serta menghidrasi tubuh seseorang.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, maka tubuh memerlukan lebih dari sekedar cairan untuk memperoleh kembali keseimbangannya.

Dari berbagai kasus, seseorang harus mengisi elektrolit yang telah hilang dari tubuh dalam cairan, seperti urin dan keringat.

Elektrolit merupakan mineral yang diperlukan tubuh untuk berbagai fungsi penting. Misalnya saja seperti keseimbangan pada cairan yang tepat serta menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur.

Selain itu, air kelapa juga mempunyai kadar kalori yang cukup rendah. 

Jus Buah

Buah-buah mempunyai beragam jenis kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Mulai dari vitamin C, vitamin A, hingga gula alami.

Oleh karena itu, jus buah menjadi salah satu pilihan minuman yang dapat anda sajikan sebagai pencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir Cegah Dehidrasi, Osteoporosis dan Anti Kanker

Susu

Dengan segelas susu dapat menghantarkan cairan serta karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Ini merupakan salah satu pilihan minuman yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Karena susu mengandung banyak elektrolit serta natrium yang berkualitas baik untuk membantu tubuh mempertahankan cairan.

Menarinya lagi, Anda dapat menggunakan susu untuk campuran minuman yang nikmat seperti smoothie atau milkshake. Meskipun demikian, Anda juga tetap harus memperhatikan kadar gulanya.

Dari berbagai jenis minuman pencegah dehidrasi di atas, bukan berarti air putih tidak baik untuk Anda konsumsi. Anda tetap dapat mengonsumsi air putih untuk mengisi kembali kalori serta cairan yang hilang setelah melakukan berbagai aktivitas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -