Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruMobil Hilang Tenaga saat di Gas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mobil Hilang Tenaga saat di Gas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mobil hilang tenaga saat di gas, segera cari tahu penyebabnya. Sebab ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Selain harganya yang cukup tinggi, namun perawatannya pun tidak bisa disepelekan.

Semua komponen memiliki fungsi berbeda dan cara perawatan yang tidak sama. Kerusakan atau masalah yang bisa terjadi saat mengendarai mobil bisa karena kurangnya perawatan.

Sehingga sebagai pemiliknya Anda perlu merawat dan mengetahui apa saja masalah yang bisa dihadapi. Sebaiknya lakukan service pada semua komponen secara berkala.

Cek kondisinya apakah masih layak pakai atau tidak. Sering terjadi mobil hilang tenaga saat di gas. Jika masalah ini anda alami tentu akan membuat Anda merasa kesal.

Saat kondisi ini Anda alami membuat perjalanan menjadi terganggu. Apalagi jika mobil tersebut sebagai transportasi ketika hendak menghadiri acara penting.

Kondisi ini akan membuat Anda merasa jengkel. Masih banyak hal buruk jika kondisi ini Anda alami di perjalanan. Selain pengendara lain terganggu, bahan bakar pun jauh akan lebih boros. Ada banyak penyebab yang mempengaruhi mobil hilang tenaga saat di gas.

Baca Juga: Ciri Alternator Mobil Lemah Coba Mengenali dengan Munculnya Tanda Ini

Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat di Gas

Sebenarnya banyak masalah yang bisa dialami oleh pemilik mobil. Salah satunya kondisi mesin yang tidak bertenaga. Sehingga menjadi masalah serius yang segera harus ditangani.

Jika tidak masalah ini akan mengakibatkan pemilik mobil merasa repot. Kondisi mesin mobil yang normal, seharusnya memiliki tarikan yang mantap dan jarang tersendat.

Namun jika kondisi mesin bermasalah akan mengakibatkan tarikan kurang bertenaga. Bahkan saat posisi gas pun tenaga mesin tidak akan keluar. Untuk dapat mengatasi kondisi seperti ini, ada baiknya jika Anda tahu penyebabnya terlebih dulu.

Mesin Bermasalah

Salah satu penyebab mobil hilang tenaga saat di gas yaitu terjadi pada bagian mesin. Mesin juga bisa timbul berbagai masalah termasuk overheat. Jika kondisi ini terjadi mengakibatkan performa mobil menurun.

Mesin memiliki peran yang cukup penting pada setiap kendaraan. Fungsinya untuk dapat menggerakkan mobil saat berjalan. Karena perannya yang cukup penting tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan secara rutin.

Sehingga performa mesin akan tetap terjaga. Namun jika sebaliknya, Anda tidak pernah melakukan pengecekan tentunya menjadi penyebab mengapa mesin tidak bertenaga.

Jika masalah pada mesin itu terjadi karena overheat atau terlalu panas, solusinya dengan mendinginkan mesin terlebih dulu. Setelah suhunya turun, ganti oli mesin Anda agar performanya kembali terjaga.

Baca Juga: Ciri-Ciri Gardan Mobil Rusak, Segera Perbaiki Agar Tidak Semakin Parah!

Filter Udara Bermasalah

Filter udara memiliki peran penting yaitu menyuplai oksigen ke mesin. Jika komponen tersebut bermasalah, maka akan mengakibatkan mobil hilang tenaga saat di gas.

Sebab oksigen dengan kualitas yang baik membantu proses pembakaran. Karena itulah mengapa filter udara harus dalam keadaan baik.

Jika komponen tersebut kotor, akan menimbulkan penyumbatan aliran udara. Karena itulah mengapa mobil tidak bertenaga seperti saat kondisinya normal.

Ring Piston Aus

Saat ring piston mengalami keausan tentu mobil saat dihidupkan terus bergesek dengan dinding silinder. Gesekan yang terjadi secara terus menerus akan mengakibatkan ring piston aus lebih cepat.

Apalagi jika hal ini terjadi lebih dari 5 tahun dan tidak dilakukan penggantian oli secara rutin, sudah pasti berakibat buruk.

Untuk dapat menghindari mobil hilang tenaga saat di gas sebaiknya melakukan penggantian oli mesin secara rutin. Hal ini bertujuan agar komponen mobil bisa bekerja secara optimal.

Klep Bocor

Klep atau katup mobil memiliki peran untuk menjadi pintu masuk material. Misalnya udara dan bensin dari intake. Selain menjadi pintu masuk juga pintu keluarnya gas buang dari mesin ke knalpot.

Apalagi kini mobil keluaran terbaru sudah memiliki penyetelan dua katup dalam satu silinder. Sehingga jika penyetelan tidak tepat akan menjadi penyebab mobil hilang tenaga saat di gas.

Baca Juga: Cara Ganti Busi Mobil Sendiri di Rumah dengan Mudah Anti Gagal

Busi Kotor

Busi menjadi komponen yang berkaitan erat dengan sistem pembakaran. Jika kondisi busi tidak bagus akan berpengaruh terhadap kinerja mesin.

Bahkan jika kurang bersih, busi akan mengganggu sistem pembakaran yang tidak dapat bekerja dengan baik. Busi kotor dapat menimbulkan kerak, sehingga sistem pembakaran tidak optimal.

Hal ini mengakibatkan gas mobil menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal. Bahkan parahnya mengakibatkan mobil hilang tenaga saat di gas. (R10/HR-Online)