Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruOkultasi Venus oleh Bulan Terjadi pada 27 Mei 2022, Ini Penjelasannya!

Okultasi Venus oleh Bulan Terjadi pada 27 Mei 2022, Ini Penjelasannya!

Okultasi Venus oleh Bulan menjadi salah satu fenomena astronomi yang terjadi pada Jumat, 27 Mei 2022.

Peristiwa astronomi memang sudah sering terjadi di kehidupan kita. Beberapa dari mereka ada yang dapat kita nikmati dan tidak.

Menjelang akhir pekan, terjadi suatu peristiwa astronomi, yakni Okultasi Venus. Peristiwa macam apakah itu?

Baca Juga: Fenomena Okultasi Mars oleh Bulan, Planet Merah yang Bersembunyi

Peristiwa Astronomi Okultasi Venus oleh Bulan

Membahas tentang astronomi tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada fakta menarik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Pada Jumat, 27 Mei 2022 akan terjadi sebuah peristiwa astronomi di langit. Peristiwa astronomi kali ini adalah Venus yang akan mengalami okultasi oleh Bulan.

Istilah okultasi mungkin masih asing di telinga masyarakat awam. Lantas, apa itu peristiwa Okultasi Venus?

Okultasi sendiri merupakan istilah untuk menunjukkan peristiwa terhalangnya benda langit yang tampak lebih kecil (seperti bintang dan planet) oleh benda langit yang tampak jauh lebih besar (seperti Bulan dan Matahari) jika pengamatannya dari Bumi.

Peristiwa okultasi ini tentu tidak terjadi begitu saja. Okultasi akan terjadi apabila konfigurasi ketika benda langit membentuk garis lurus jika kita amati dari pengamat Tata Surya.

Jadi, secara sederhananya adalah benda langit yang ada dalam konfigurasi tersebut, jika terlihat dari Bumi, akan tampak lebih kecil.

Meski begitu, benda langit terlihat lebih kecil dan itu sebenarnya masih jauh letaknya di belakang benda langit lain yang memiliki jarak lebih dekat dengan Bumi.

Baca Juga: Penampakan Planet Venus, Kapan Terlihat Terang di Langit Malam 2022?

Kapan Okultasi Venus Terjadi?

Peristiwa Okultasi Venus oleh Bulan akan terjadi pada 27 Mei 2022. Peristiwa ini dapat terlihat di seluruh penjuru dunia.

Adapun waktu berlangsungnya peristiwa astronomi ini setelah Matahari terbit.

Jika di Indonesia, waktunya adalah mulai dari pagi hari pukul 07.36 WIB hingga 12:31 WIB (00.36 – 05.21 UTC).

Baca Juga: Atmosfer Planet Venus Jadi Alasan Tidak Bisa Ditinggali Makhluk Hidup

Dapat Terlihat dari Bumi

Sebenarnya, fenomena ini dapat terlihat dari bumi. Namun, sayangnya Anda tidak dapat menyaksikannya secara langsung dengan mata telanjang.

Untuk dapat melihatnya, Anda perlu menggunakan alat bantu khusus. Di Indonesia sendiri, peristiwa Venus yang mengalami okultasi oleh Bulan terjadi di beberapa wilayah.

Sebagian wilayah Indonesia seperti Jawa, Bali, NTB, Kalimantan, Maluku Utara, Sebagian provinsi Papua Barat, Sulawesi, dan Sumatera akan mengalami Okultasi Venus juga. Tepatnya saat pagi hari yaitu sesudah Matahari terbit sampai waktu siang hari.

Sedangkan wilayah di luar Indonesia, seperti Kep. Kompor, Seychelles, dan Madagaskar dapat menyaksikan peristiwa ini sebelum terbitnya Matahari.

Adapun peristiwa akan terlihat saat bulan mencapai fase Sabit Akhir dengan iluminasi 10,6% – 10,3% ketik mengatasi Venus.

Menurut informasi dari Pusat Riset Antariksa LAPAN-BRIN melalui Instagram resmi mereka (@lapan_ri) pada 25 Mei 2022 lalu, peristiwa ini tampak sangat indah.

Simulasi Stellarium yang ditampilkan menampakkan Okultasi Venus oleh Bulan yang sangat memukau. Sayangnya, kita tidak dapat menikmati peristiwa ini secara langsung dan masih harus menggunakan alat bantu khusus. (R10/HR-Online)

- Advertisment -