Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita JabarPasca Dua Tahun Pandemi, Pemkab Purwakarta Fokus Percepat Pembangunan

Pasca Dua Tahun Pandemi, Pemkab Purwakarta Fokus Percepat Pembangunan

Berita Jabar (harapanrakyat.com),- Pasca dua tahun pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memfokuskan untuk percepatan pembangunan. Khususnya penataan wilayah Perkim (Perumahan dan Permukiman).

Hal tersebut dikatakan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, saat memimpin rapat koordinasi terkait percepatan pembangunan yang ada pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Purwakarta TA 2022, Jumat (13/05/2022).

“Pasca dua tahun pandemi Covid-19, banyak pembangunan yang tertunda. Tahun 2022 ini, kami akan mengejar ketertinggalan, terutama dalam penataan wilayah perumahan serta permukiman,” kata Ambu Anne, panggilan akrabnya, saat rakor yang berlangsung secara daring di Gedung Janaka Kompleks Pemerintah Daerah Purwakarta.

Tahun 2022, Pemkab Purwakarta Fokuskan Program Pembangunan

Ia juga menjelaskan, pada tahun 2022 ini ada beberapa program pembangunan yang menjadi prioritas. Seperti program Rutilahu (rumah tidak layak huni), program jalan lingkungan, program sanitasi.

Kemudian, program drainase, PJU (Penerangan Jalan Umum) dan program SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum).

Baca Juga : Kuliner Khas Purwakarta Ini Punya Cita Rasa Mantap

Bupati Purwakarta, Ambu Anne menyebutkan, untuk program pembangunan jalan lingkungan secara keseluruhan berada di 134 lokasi, terdiri dari 62 lokasi jalan lingkungan perkotaan. Kemudian, 25 lokasi jalan lingkungan sekolah, dan 47 jalan lingkungan Karya Bakti TNI.

Sedangkan, untuk Rutilahu jumlahnya totalnya ada sebanyak 106 unit yang meliputi 40 unit dari DAK (Dana Alokasi Khusus), Rutilahu bencana 20 unit. Serta 46 unit untuk rutilahu yang anggarannya bersumber dari APBD.

Program Sanimas Hingga PJU

Untuk program sanitasi ada di 18 lokasi dengan rincian, DAK sanitasi pada 10 lokasi, program Sanimas (sanitasi berbasis masyarakat) Citarum Harum ada 6 lokasi, dan untuk MCK dua lokasi.

Sedangkan, untuk program SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) total ada di 40 lokasi dengan sumber anggarannya dari DAK.

Lokasi sebanyak itu meliputi program air minum 19 lokasi, program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) 5 lokasi. Serta sarana air bersih ada di 16 Lokasi.

Bukan hanya itu, percepatan pembangunan yang ada pada Dinas Perkim pun menyentuh Program TPT (Tembok Penahan Tanah) di 30 lokasi. Serta pembangunan pagar untuk 1 lokasi TPU.

Selain itu, 31 lokasi untuk program drainase, dan program PJU (Penerangan Jalan Umum) di 20 titik.

“Semoga semua yang kita upayakan bersama ini bisa mewujudkan Purwakarta Istimewa,” harap Bupati Purwakarta, Ambu Anne. (R3/HR-Online/Editor-Eva)