Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita CiamisPelaku UMKM di Ciamis Didorong untuk Go Digitalisasi

Pelaku UMKM di Ciamis Didorong untuk Go Digitalisasi

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Pelaku UMKM di Ciamis, Jawa Barat, didorong untuk go digitalisasi. Karena selain bisa menjadi sumber penghasilan masyarakat, juga dapat menyerap lapangan kerja.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis, Asep Khalid Fajari, saat membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan dan digitalisasi UMKM, di Aula Gedung PKPRI Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (18/05/2022).

Menurutnya, peran UMKM di tengah kehidupan ekonomi nasional telah membuktikan kontribusinya.

Maka dari itu, untuk menyiapkan pelaku usaha mikro dan kecil yang memiliki kapasitas lebih baik dalam pengelolaan manajemen. Serta berdaya saing memajukan dan meningkatkan kegiatan usahanya. Mulai dari skala mikro menjadi kecil.

“Selain itu juga agar pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Ciamis dapat go digitalisasi,” tuturnya.

Baca Juga : Dorong Daya Saing UMKM, DKUKMP Ciamis dan Indomaret Gelar Pelatihan

Asep mengatakan, hal itu dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta meningkat sumber daya manusia pelaku usaha. 

Pemerintah kabupaten melalui DKUKMP Ciamis memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap para pelaku usaha mikro kecil. Termasuk kegiatan pelatihan kewirausahaan dan digitalisasi UMKM.

“Kegiatan pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bersifat real atau kondisi nyata dalam rangka pencapaian kompetensi dan daya saing,” tutur Asep.

Pihaknya pun meminta kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik.

Karena nantinya kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk mengembangkan usahanya, meningkatkan kreativitas pelaku usaha. Serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pelaksanaan pelatihan tersebut sebanyak dua angkatan dengan jumlah peserta 50 orang. Terdiri dari 2 angkatan, yaitu angkatan 1 tanggal 18-20 Mei 2022, dan angkatan 2 dari 23-25 Mei 2022,” pungkasnya. (Feri/R3/HR-Online/Editor-Eva)