Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita BisnisPeluang Investasi Sektor Perikanan Terbuka Lebar di Tahun 2022

Peluang Investasi Sektor Perikanan Terbuka Lebar di Tahun 2022

Peluang investasi sektor perikanan kini terbuka lebar. Bahkan investasi ini menjadi salah satu program untuk meningkatkan perekonomian negara.

Seperti jenis investasi lainnya, sektor perikanan memang cukup menjanjikan.

Apalagi Indonesia memiliki hasil perikanan yang baik dan mampu menjadi gudang uang dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah sendiri telah memberikan program yang menarik dengan tujuan meningkatkan UMKM dari berbagai aspek.

Salah satunya sektor perikanan. Peluang investasi sektor perikanan dan kelautan memang terbuka lebar.

Hal ini juga mendapatkan peran dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun ini.

Dari pemerintah sendiri berharap jika masyarakat mampu memanfaatkan peluang yang ada. Sehingga kapasitas kerja bisa jauh lebih baik.

Baca Juga: Manajemen Investasi Wakaf Diterapkan Ketentuannya Berbasis Syariah

Program Peluang Investasi Sektor Perikanan Pemerintah

Mengingat Indonesia memiliki ikan yang melimpah, pihak pemerintah melakukan program baru. Di mana program tersebut dilakukan untuk dapat membantu memperbaiki kegiatan UMKM perekonomian masyarakat.

Program terobosan yang pemerintah lakukan tersebut termasuk dalam bidang perikanan tangkap dan penerapan tangkapan terukur dalam beberapa wilayah.

Adapun program yang terjadi yaitu Pengelolaan Perikanan Negara RI, serta pengembangan perikanan budidaya komoditas yang berorientasi ekspor, khususnya udang.

Pengembangan perikanan ini dibudidayakan untuk komoditas berorientasi ekspor, terutama udang. Dengan adanya program pemerintah ini banyak investor yang mulai menunjukkan minatnya.

Bahkan tahun ini banyak investor memilih sektor perikanan. Mulai dari budidaya, penangkapan, hingga pengolahan.

Bahkan peluang ini mampu merambah hingga pasar luar negeri.

Baca Juga: Investasi dengan Hasil Bulanan untuk Investor Pemula yang Minim Risiko

Peluang Investasi Menarik Minat Pasar Luar Negeri

Dengan adanya program pemerintah ini membuat beberapa investor mencoba untuk mengikutinya. Bahkan banyak investor luar negeri yang memanfaatkan peluang investasi sektor perikanan.

Mulai dari negara Tiongkok dan Singapura. Hal ini dapat diperoleh dari data yang ada dalam acara Bincang Bahari KKP 2022.

Untuk promo peluang investasi, KKP menggelar Marine, Fisheries Business, and Investment Forum di bulan Maret 2022. Ada data peluang yang akan dibagikan untuk menjalankan usaha dalam bidang kelautan dan perikanan.

Tidak hanya itu saja, ada juga sosialisasi terhadap kebijakan sebagai dasar kemudahan menjalankan peluang investasi sektor perikanan tahun ini.

Sehingga investor akan jauh lebih mudah memahami tentang investasi apa saja yang memiliki peluang besar.

Baca Juga: Investasi Uang Dingin dan Bagaimana Tips Mendapatkannya

Peluang Investasi untuk Masyarakat

Program pemerintah ini mampu memperbaiki perekonomian masyarakat. Hal inilah yang menjadi tujuan dari pemerintah melakukannya.

Apalagi UMKM-lah yang memiliki peran penting dalam perekonomian negara. Sebelumnya menteri kelautan dan perikanan masih merasa optimis akan implementasi program tersebut.

Sehingga akan memicu kinerja koperasi dan UMKM lebih merata di Indonesia. Program investasi bidang perikanan tangkap dan budidaya menjadi peluang untuk masyarakat secara luas.

Hal ini juga menambah peluang lapangan kerja untuk bisa memberikan kemakmuran dan membantu masyarakat bisa hidup lebih layak.

Sebenarnya program peluang investasi sektor perikanan dari pemerintah khususkan untuk kaum muda. (R10/HR-Online)