Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita JabarPembangunan Infrastruktur di Kabupaten Purwakarta Tahun Ini Dipercepat

Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Purwakarta Tahun Ini Dipercepat

Berita Jabar (harapanrakyat.com),- Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada tahun 2022 ini dipercepat. Meski begitu, proses pembangunan daerah tersebut sudah sesuai visi misi serta RPJMD.

Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini memang berdampak terhadap kebijakan refocusing. Akibatnya terjadi pergeseran yang semula untuk pembangunan infrastruktur, beralih ke penanganan pandemi.

Dampaknya tak hanya dialami Kabupaten Purwakarta, namun terjadi di semua wilayah Indonesia. Tahun 2022 ini masa pandemi Covid-19 dianggap mereda, maka Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kembali mempercepat proses pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta.

Berdasarkan visi misi untuk mewujudkan Purwakarta Istimewa, yang mana misinya yaitu mewujudkan pembangunan infrastruktur serta pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan berkelanjutan.

Juga dengan memprioritaskan pembangunan daerah, peningkatan infrastruktur serta konektivitas wilayah. Hal itu terungkap saat rakor Penanganan Infrastruktur yang berlangsung secara virtual di Aula Janaka, Selasa (17/05/2022.

Percepatan peningkatan pembangunan infrastruktur serta konektivitas wilayah itu antara lain pemerataan pembangunan akses infrastruktur. Tujuannya agar konektivitas wilayah bisa saling terintegrasi dengan baik.

Baca Juga : Inovasi Unggulan Pemda Purwakarta Melalui Program Gempungan

Rencana Percepatan Pembangunan Akses Jalan di Purwakarta

Rencana percepatan pembangunan itu diantaranya akses jalan kawasan Industri Cilangkap sampai Simpang Susun Sadang.

Kemudian, akses jalan kawasan Industri Kembang Kuning Jatiluhur ke Simpang Susun daerah Ciganea serta jalan Lingkar Barat yang menghubungkan Babakancikao, Kutamanah, Cikaobandung, Ciririp, Kertamanah, Sukasari, Parung banteng, Sukamukti, Gunungkarung, Cidahu sampai Cijati.

Sedangkan, untuk jalur jalan Lingkar Timur, lanjut Anne Ratna Mustika, menghubungkan daerah Cikopo, Cibukamanah mamah, Cilandak, Mekarjaya, Kiarapedes, Pareang, Ciseureuh, Garokgek sampai Ciracas.

Adapun gambaran umum untuk jaringan jalan berdasarkan fungsinya yang ada di Kabupaten Purwakarta meliputi fungsi ruas jalan nasional atau Arteri Primer.

Baca Juga : Pasca Dua Tahun Pandemi, Pemkab Purwakarta Fokus Percepat Pembangunan

Kemudian, ruas jalan kabupaten dan provinsi atau Kolektor Primer, ruas jalan kabupaten atau Lokal Primer, dan fungsi rusa jalan desa dan kabupaten atau Lingkungan Primer.

“Kalau berdasarkan status jalan, wilayah Purwakarta ini terdapat jalan nasional yang panjangnya 42,91 Km. Kemudian, jalan provinsi dengan panjang 59,350 Km, serta Jalan Kabupaten yang memiliki panjang 728,924 Km,” terangnya.

Percepat Pembangunan Khusus Perkim

Sebelumnya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika memimpin rakor terkait percepatan pembangunan infrastruktur yang ada pada dinas tersebut. Khususnya penataan wilayah perumahan dan permukiman untuk TA 2022.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyebutkan bahwa, terdapat beberapa program yang fokus untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta pada tahun ini.

Program tersebut meliputi Rutilahu, Jaling, Sanitasi.

SPAM, program PJU, Drainase, PJU. Segala upaya tersebut untuk mewujudkan Purwakarta lebih Istimewa lagi. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -