Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita JabarPencarian Eril Ridwan Kamil, Dubes: Mayoritas Orang Hilang Ditemukan 3 Minggu

Pencarian Eril Ridwan Kamil, Dubes: Mayoritas Orang Hilang Ditemukan 3 Minggu

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Terkait pencarian putra bungsu Gubernur Jabar Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengungkapkan mayoritas orang hilang di Sungai Aare Kota Bern ditemukan setelah 3 minggu.

KBRI Bern juga memastikan otoritas Kota Bern dan pemerintah swiss berupaya maksimal dalam proses pencarian Eril yang hilang di Sungai Aare Kota Bern pada Kamis (26/5/2022).

Karena itu proses pencarian Eril dilanjutkan pada Sabtu (28/5/2022) mulai pukul 08.30 menyesuaikan dengan kondisi sekitar sungai.

Baca Juga: Kabar Terbaru Anak Ridwan Kamil yang Hilang Saat Berenang di Swiss

Sebelumnya proses pencarian Eril Ridwan Kamil dilakukan dengan menggunakan drone thermal untuk mendeteksi panas tubuh manusia. 

Tim SAR lalu menggunakan drone konvensional untuk mencari di atas permukaan sungai. Selain itu, perahu pencari dan penyelam pun dikerahkan dalam proses pencarian.

“Metode pagi ini lebih intensif,” ungkap Muliaman pada konferensi pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

Muliaman menuturkan, saat kejadian suhu air mencapai 16 derajat celcius, kondisinya juga keruh. Hal tersebut membuat penyelam terkendala dalam proses pencarian.

“Sungai Aare ini datangnya dari salju yang meleleh. Sehingga relatif dingin. Selain itu ada kristal putih sehingga agak keruh,” terangnya.

Menurut Muliaman, tim SAR membawa kabar gembira, proses pencarian punya peluang lebih bagus. Lantaran pada Sabtu dan Minggu, jumlah warga yang berenang lebih banyak.

“Kita tidak hanya dapat informasi dari tim SAR, tapi juga dari warga,” katanya.

“Probabilitas ketemunya lebih besar. Jadi kita tidak hanya mendapat informasi dari tim SAR tapi juga dari warga,” katanya.

Muliaman menerangkan, secara statistik kasus orang hanyut di Sungai Aare adalah 15-20 orang dalam setahun. Persentase ditemukannya sekitar 99,9 persen.

Pencarian Eril Ridwan Kamil Tanpa Batas Waktu

Sementara mayoritas orang hilang ditemukan dalam waktu tiga minggu. Karena itu pencarian Eril Ridwan Kamil dilakukan tanpa batas waktu. Hal ini lantaran polisi sungai di Kota Bern juga melakukan patroli setiap hari.

Baca Juga: Detik-detik Anak Ridwan Kamil Hilang di Sungai Aare Swiss, Teriak Help

Muliaman juga menepis spekulasi media lokal yang menyebut debut sungai Aare besar lantaran sejak Januari 2022 perusahaan listrik milik negara Swiss mengalirkan 15 dan 25 meter kubik air per detik ke jalur Sungai Aare lama.

“Tidak ada rekayasa arus, karena arus (di Sungai Aare) konsisten akan seperti itu,” katanya.

Adapun perbedaan debit air terjadi pada hari-hari tertentu tergantung hujan atau fenomena air lainnya.

Data pemerintah Kota Bern menyebutkan debit rata-rata air Sungai Aare adalah 18–230 meter kubik per detik.

KBRI Bern juga terus memantau dan berkoordinasi dengan SAR untuk mendapatkan informasi secara real time. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)