Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Bintang Biner yang Istimewa, Berikut Ini Klasifikasinya!

Pengertian Bintang Biner yang Istimewa, Berikut Ini Klasifikasinya!

Pengertian bintang biner menjadi salah satu sistem bintang luar angkasa yang sudah cukup populer.

Apakah Anda pernah menghitung jumlah bintang di luar angkasa? Jika memperhatikannya, semua bintang akan mengitari orbit mereka sendiri.

Anda mungkin juga pernah melihat di langit terdapat dua bintang yang sangat berdekatan atau seolah-olah saling mengitari? Nah, bintang tersebut bernama bintang biner.

Baca Juga: Fakta Bintang Arcturus yang Paling Terang di Rasi Bintang Bootes!

Mengetahui Pengertian Bintang Biner yang Populer

Bintang biner merupakan sebuah sistem bintang yang ada. Dalam sistem ini terdiri dari dua atau lebih bintang yang saling mengorbit.

Mereka saling mengorbit satu sama lain pada inti massanya. Dengan kata lain, bintang tersebut akan tampak saling mengorbit jika terlihat dari jauh

Jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang dari Bumi, tentu saja bintang biner ini tampak seperti objek bintang yang saling berdekatan.

Padahal kenyataannya, jarak antara anggota bintang biner ini jauh sekali, bahkan keduanya sama sekali tidak berpasangan.

Namun, keduanya memiliki pergerakan yang seolah saling mengorbit sehingga sering mendapat julukan sebagai “Pasangan Bintang”.

Baca Juga: Klasifikasi Kelas Luminositas pada Bintang, Ini Dia Label-labelnya!

Keistimewaan Bintang Biner

Sistem bintang satu ini sungguh istimewa karena sangat langka. Bintang ini akan memunculkan dua ikatan unik di antara dua bintang atau lebih.

Kemunculan dari pengertian bintang biner juga juga memberikan beberapa keuntungan. Sistem bintang ini akan sangat berguna untuk menentukan massa masing-masing bintang di dalam sistemnya.

Dengan data yang terkumpul dari bintang biner, maka astrofisikawan menggunakannya untuk memperkirakan massa relatif bintang-bintang lain, terutama bintang individual.

Klasifikasi Bintang Biner

Tentu saja sistem bintang ini mempunyai beberapa kategori atau yang dikenal dengan klasifikasi. Itu artinya, bintang biner ini tidak hanya ada satu jenis saja, tetapi terdapat beberapa jenis lainnya.

Baca Juga: Sistem Bintang Ganda yang Miliki Potensi Tabrakan Ditemukan Astronom

Kategori klasifikasi dari bintang biner antara lain sebagai berikut:

  1. Bintang Biner Ekliptik

Klasifikasi bintang biner ekliptik ini berisi bintang yang salah satunya mengorbit bintang lain dalam sistem. Jalur orbitnya kemudian membentuk garis horizontal dari titik pengamatan, contohnya seperti bintang Algol.

  1. Bintang Biner Visual

Kedua bintang di dalam sistem akan terpisah sangat jauh dalam sistemnya dan tidak saling mengorbit.

  1. Bintang Biner Spektroskopi

Kedua bintang di dalam sistem bintang ini saling mengorbit dan bergerak dengan cepat. Bintang tersebut juga berjarak sangat dekat dan sulit terlihat oleh teleskop yang biasa saja.

  1. Bintang Biner Astrometri

Kategori bintang yang ada di dalam sistem biner ini adalah jenis bintang yang memiliki ukuran sangat kecil. Hal itu membuat hanya satu bintang saja yang dapat terlihat diamati dari Bumi sedangkan yang lainnya akan sangat sulit untuk terlihat.

Adapun jenis klasifikasi bintang biner ini berdasarkan visual mereka. Lebih dari itu, pengertian bintang biner ini sangat luar biasa dan menjadi objek menarik untuk kita pelajari. (R10/HR-Online)