Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus, Jangan Asal Pakai!

Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus, Jangan Asal Pakai!

Penyebab kampas rem mobil cepat habis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Baik rem tromol maupun cakram. Pemilik mobil sebaiknya mampu mengenali apa saja yang menjadi penyebab dari masalah tersebut.

Karena, komponen pengereman bagi sebuah kendaraan tentunya menjadi hal sangat penting dan harus diperhatikan. Sehingga kinerja komponen ini tetap dalam kondisi baik, seperti halnya kampas rem.

Komponen ini termasuk spare part yang mempunyai masa pakai terbatas, baik rem jenis tromol maupun rem cakram.

Namun, ada sejumlah kasus yang ditemui, yakni pemakaian atau usia kampas rem yang lebih cepat dari biasanya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tiga penyebab kampas rem cepat menipis;

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin

Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus

Kualitas Kampas Rem Terlalu Rendah

Faktor penyebab yang pertama yaitu akibat kampas rem yang Anda gunakan berkualitas buruk. Jadi, jangan menggunakan kampas rem mobil yang KW.

Untuk menjaga kampas rem lebih awet, pastikan dulu kualitasnya. Disarankan selalu gunakan spare part yang orisinal. Sebab, kita tidak akan tahu kualitas bahan kampas rem yang KW atau bukan original.

Kampas Rem Kotor

Baca Juga : Perawatan Mobil Matic vs Manual yang Perlu Kalian Ketahui

Penyebab kampas rem mobil cepat aus juga bisa terjadi karena kurangnya melakukan perawatan. Misalnya kampas rem yang sudah kotor atau bahkan macet.

Masalah tersebut juga akan memengaruhi usia pemakaian kampas rem lantaran menjadi lebih cepat aus atau terkikis.

Supaya kampas rem mobil tidak cepat terkikis, Anda harus selalu menjaga kebersihan dari komponen sekitar kampas rem.

Kondisi komponen rem yang tidak terawat, kotor dapat menjadi faktor penyebab usia kampas rem cepat aus.

Kemudian, Anda juga harus rutin memeriksa minyak rem. Karena, untuk mengoptimalkan kinerja rem, minyak rem juga harus dalam batas ketinggian yang masih wajar.

Baca Juga : Tanda Rem Mobil Masuk Angin dan Mengatasinya dengan Teknik Bleeding

Pengereman yang Agresif

Selain kualitas dan perawatan, faktor penyebab kampas rem mobil cepat aus yaitu dari gaya mengemudi. Gaya mengemudi kendaraan yang tidak halus akan melakukan pengereman yang agresif.

Sebaliknya, dengan gaya mengemudi yang halus maka akan melakukan pengereman pun secara perlahan. Hal ini dapat mengurangi kinerja rem. Otomatis kampas rem menjadi lebih awet.

Mengemudikan kendaraan secara agresif, misal dalam kemacetan, maka sopir akan cenderung melakukan akselerasi dan menginjak rem lebih cepat.

Selain itu, menginjak pedal gas dan rem secara bersamaan pada mobil dengan transmisi otomatis, juga dapat membebani kinerja rem. Sehingga kampas rem mobil akan lebih cepat menipis.

Itulah tiga penyebab kampas rem mobil cepat aus. Agar kampas rem bisa lebih awet, selalu lakukan perawatan sekitar komponen rem dan lakukan gaya mengemudi yang halus. (R3/HR-Online/Editor-Eva)