Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BisnisPenyebab Saham GOTO Turun Terjadi Secara Global, Kondisi Terburuk

Penyebab Saham GOTO Turun Terjadi Secara Global, Kondisi Terburuk

Penyebab saham GOTO turun akibat beberapa faktor yang terkait terhadap saham bursa global. Hal ini terjadi akibat tren penurunan harga saham perusahaan teknologi yang melemah.

Penurunan yang terjadi ini ikut berimbas terhadap investasi grup Telkom di GOTO. Adanya catatan kerugian belum direalisasi atas investasi pada saham tersebut.

Adapun catatan pada kuartal pertama tahun ini senilai Rp 881 miliar. Hampir semua perusahaan digital juga mengalami penurunan.

Hanya saja tercounter dengan adanya capital gain saja, namun sinergi value saham juga yang diharapkan.

Baca Juga: Greenshoe dalam Saham GOTO Habis, Harga Sahamnya Turun Drastis

Penyebab Saham GOTO Turun Secara Signifikan

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) kembali menunjukkan angka penurunan hingga bulan ini. Terakhir dapat informasi di tanggal 15 Mei 2022, saham tersebut justru turun anjlok hingga 6%.

Dengan adanya kondisi ini tentu menjadi pemberat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Adanya data dari angka penurunannya yaitu 6,73% atau setara dengan 14 poin ke harga 194.

Harga ini menjadi harga terendah sepanjang masa. Sedangkan untuk volume perdagangan dari saham GOTO sendiri mencapai 275,95 juta lembar dengan nilai sebesar Rp 53,61 miliar.

Saham GOTO telah menyentuh Auto Reject Bawah (ARB). Data perdagangan juga menunjukkan jika bulan sebelumnya saham GOTO anjlok hingga 30,17 %.

Hal ini terjadi sejak saham melantai pertama kali pada bulan April kemarin.

Baca Juga: Beli Saham GoTo Saat Listing April 2022? Begini Cara Mudahnya!

Imbas Penurunan Saham GOTO

Seperti yang sudah dilakukan sejak awal, jika penurunan saham GOTO semakin terlihat. Penyebab saham GOTO turun akibat saham teknologi yang ikut menurun.

Penurunan ini berimbas terhadap investasi grup Telkom di GOTO. Bahkan, akibatnya ada kerugian yang belum terealisasi atas investasi tersebut.

Trend penurunan saham teknologi juga tercatat sebagai rekor dan penurunan yang terburuk. Sejak krisis pada tahun 2008 silam, saham teknologi tercatat mengalami penurunan jika berbanding dengan saham raksasa teknologi milik Amerika Serikat.

Adapun beberapa saham yang mengalami penurunan yaitu Facebook jatuh pada angka 43,9%, Netflix menunjukkan angka penurunan hingga 72%, dan Tesla yang terpuruk pada angka 30,5%.

Sedangkan emiten teknologi lainnya tercatat rekor melemah terberat sejak 14 tahun terakhir.

Adanya penurunan saham teknologi ini akibat kekhawatiran investor tentang inflasi yang lebih tinggi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Cara Beli Saham IPO GoTo dengan 4 Tahapan Mudah

Perusahaan Teknologi AS Juga Menurun

Saham GOTO yang mengalami penurunan juga karena perusahaan teknologi global juga ikut menurun. Bahkan hal ini juga terjadi pada saham teknologi AS.

Hanya saja, kondisi ini belum juga ada prediksinya akan berlangsung sampai kapan. Kondisi penurunan yang terjadi justru menjadi kebalikan batas prediksi yang keluar dari sejumlah pakar saat GOTO pertama kali melantai.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) atau gabungan antara perusahaan Gojek dan Tokopedia mengalami penurunan. Bahkan penyebab saham GOTO turun ini akibat perusahaan teknologi global juga ikut menurun. (R10/HR-Online)

- Advertisment -