Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Setelan Klep Cepat Berubah, Kenali Ini Sebelum Terlambat!

Penyebab Setelan Klep Cepat Berubah, Kenali Ini Sebelum Terlambat!

Penyebab setelan klep cepat berubah bisa jadi karena batang klep cekung akibat adanya rasa panas yang berlebihan sehingga membuatnya berubah.

Mengingat saat terkena panas, maka bisa melunak dan didorong oleh pelatuk klep yang akan menjadi cekung.

Selain itu, bisa juga karena adanya kualitas oli yang telah memburuk sehingga pelatuk klep dan klep memiliki gesekan berlebih. Namun apabila ini belum jelas, maka Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Kunci Klep Motor, Ketahui Cara Menyetel dan Beragam Fungsinya!

Penyebab Setelan Klep Cepat Berubah yang Wajib untuk Anda Ketahui

Memiliki sepeda motor adalah suatu kewajiban yang harus terpenuhi bagi sebagian besar masyarakat pada umumnya itu.

Kondisi seperti itu karena motor adalah salah satu alat transportasi yang kini banyak digunakan serta memiliki kelebihan serta keunggulan.

Selain mudah untuk kita kendarai, harganya yang tergolong lebih murah serta banyak model dan varian sehingga bisa memilih sesuai keinginan. Karena ini adalah alat transportasi yang populer, jika ada suatu masalah, maka si pemilik kendaraan tersebut juga harus segera memperbaikinya.

Sebut saja klep motor, ini adalah bagian pada kendaraan roda dua berbentuk katup dan menjadi batas antara zona pembakaran serta bagian mesin lain.

Namun seringkali komponen itu berubah dan tentunya ini menjadi suatu masalah yang harus segera kita atasi. Lantas apa saja penyebabnya?

Baca Juga: Efek Klep Bocor pada Motor Picu Performa Mesin Menjadi Lemah

Per pada Bagian Klep Mesin Sudah Melemah

Penyebab setelan klep cepat berubah yang pertama ini adalah per pada bagian klep mesin yang sudah semakin melemah akan fungsinya. Sebab, kondisi seperti itu bisa menjadi salah satu pemicu mengapa mesin motor berubah seperti berbunyi saat mesin panas.

Sehingga untuk mengatasinya, maka kondisi seperti ini harus dilakukan pemeriksaan yang mendalam terlebih dahulu. Untuk memudahkannya, maka pembongkaran mesin harus tenaga teknisi handal yang melakukannya.

Usia Klep Sudah Tua

Bisa jadi klep motor berbunyi ketika mesin sedang panas, selain itu kondisi klep yang sudah berumur alias sudah cukup tua. Sehingga hal seperti ini bisa menyebabkan keausan serta jadi keras akibat adanya gerakan secara terus menerus.

Penyebab setelan klep cepat berubah seperti ini adalah salah satu yang membuat mesin motor menjadi ngelitik.

Untuk bisa mengatasi masalah ini, maka langkah yang tepat adalah dengan cara membongkar mesin lalu mengganti klep mesinnya.

Baca Juga: Pembersih Ruang Bakar Motor Berkualitas dan Cara Penggunaannya!

Perawatan yang Kurang

Kondisi lain yang menjadi penyebab komponen itu berbunyi dan berubah adalah karena kendaraan kurang perawatannya. Sebenarnya tidak hanya klep saja yang bisa mengalami masalah, tetapi juga soal komponen lainnya.

Tidak hanya itu saja, melainkan cara mengecek mesin motor yang benar juga seringkali tidak pengguna lakukan. Sehingga hal ini membuat klep sudah terlanjur rusak dan membuat mesin motor berubah dan berbunyi.

Selain hanya permasalahan pada kerusakan dari klep mesin, hal ini juga akan memberi andil dari kemunculan klep yang berbunyi. Salah satunya karena pengaturan pada celah klep yang terlalu lebar.

Karena kondisi kleb yang sangat lebar tak hanya bisa menimbulkan bunyi saja, melainkan juga bisa merusak piston.

Beberapa penyebab setelan klep cepat berubah kini sudah Anda ketahui, saatnya untuk mengatasinya agar tidak semakin parah. Namun jika tidak bisa, maka bisa membawanya ke tukang bengkel. (R10/HR-Online)

- Advertisment -